PELAKSANAAN HADIAH DALAM PEMBELAJARAN PAI DI TK ABA SAPEN YOGYAKARTA (Kajian Terhadap Perubahan Tingkahlaku Belajar Anak)

SITI AMINAH, NIM.00410013 (2005) PELAKSANAAN HADIAH DALAM PEMBELAJARAN PAI DI TK ABA SAPEN YOGYAKARTA (Kajian Terhadap Perubahan Tingkahlaku Belajar Anak). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Siti Aminah. Pelaksanaan Hadiah dalam Pembelajaran PAI di TK ABA Sapen Yogyakarta (Kajian Terhadap Perubahan Tingkah Laku Belajar Anak). Skripsi_ Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan hadiah dalam pembelajaran PAI kajian terhadap perubahan tingkah laku belajar anak di TK ABA Sapen Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk memotivasi anak di dalam belajar. Sehingga dengan begitu anak akan semangat dalam belajar dan terus meningkatkan prestasi di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologis ''perubahan tingkah laku belajar anak" dengan mengambil latar TK ABA Sapen Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, lalu data disajikan secara deskriptit: dan dari makna itu ditarik kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa : (I) Pelaksanaan hadiah di TK ABA Sapen Yogyakarta di lakukan setiap saat dimulai sejak anak dapat menyelesaikan tugas pelajaran dengan benar dan cepat maka anak diberi stimulus berupa hadiah "bintang" sebagai predikat bahwa dia mendapat nilai yang bagus, biasanya dalam pemberiannya dibatasi hanya untuk tujuh orang yang lebih dahulu selesai. Selain berupa bintang hadiah yang diberikan juga berupa acungan jempol ketika anak dapat membaca Tahfidz dengan bersuara lantang dan semangat. kata motivasi berupa sanjungan_ pujian, dan penghargaan. (2) Pemberian hadiah ini berfungsi sebagai motivasi pendorong utama bagi proses belajar anak. Hal ini bertujuan untuk memberikan keseimbangan perilaku belajarnya sebagai reinforcement (penguatan) pada perubahan tingkah laku belajarnya. Berbagai teori pendidikan juga telah banyak dilakukan eksperimen bahwa imbalan atau pemberian hadiah kepada anak alas kreatifitas dan prestasnya yang menonjol merupakan kebutuhan psikologis bagi anak. Seperti teori Conditioning, yakni adanya stimulus maka adanya respons yang ditimbulkan (S-R=Bond), Teori Motivasi, serta prinsip Tarchieb wattarghib dalam Pendidikan Islam.(3) Pengaruh pemberian hadiah tersebut adanya kemajuan yang cukup signifikan atas perubahan perilaku belajar anak di TK ABA Sapen Yogyakarta. Hal ini sebagai tanda penerimaan dirinya dilingkungannya serta sebagai penghargaan atas karyanya, sehingga anak semakin percaya diri, dan semakin menunjukkan kemajuan dalam gairah belajar anak disebabkan adanya· penguatan/peneguhan atas apa yang ia lakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: PELAKSANAAN HADIAH, PEMBELAJARAN PAI, TK ABA SAPEN
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Jun 2017 10:50
Last Modified: 13 Jun 2017 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25495

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum