BERNYANYI SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA D1NI DI PLAY GROUP BUDI MULIA DUA TERBAN BLIMBINGSARI YOGYAKARTA

Fajriyah Utami, NIM. 02421052 (2006) BERNYANYI SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA D1NI DI PLAY GROUP BUDI MULIA DUA TERBAN BLIMBINGSARI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (BERNYANYI SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA D1NI DI PLAY GROUP BUDI MULIA DUA TERBAN BLIMBINGSARI YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DP.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (BERNYANYI SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA D1NI DI PLAY GROUP BUDI MULIA DUA TERBAN BLIMBINGSARI YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

FAJRJYAH UTAMI, Bernyanyi Sebagai Metode Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini di Play Group Budi Mulia Dua Terban Blimbingsari Yogyakarta_ Skripsi_ Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2006_ Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Bemyanyi Sebagai Metode Pembelajamn Bahasa Arab Pacta Anak Usia Dini, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, m:.nfaat, metode-metode, media, efektivitas dan evaluasi serta problematika penerapan bemyanyi sebaga1 metode pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini dihardpkan akan dapat menjadi karya tu.lis ilmiah yang mampu rnemperkaya wawasan tentang metode bemyany1 pacta anak usia dini dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dan pembelajaran pada umumnya_ Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil Jatar play group budi mulia dua Terban Bhmbingsari Yogyakarta Pengumpulan data dilakukan dengan menggtmakan beberapa metodc: Metode Observasi, Metode Interview atau wawancara, Metode Dokumentasi, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rnetode analisis data deslaiptif, yaitu menbrumpulkan dan menyusun sauatu data kemudian diusahakan adanya analisis dan interpretasi atau penafsiran dari data tersebut dengan menggunakan pola pikir deduk1if dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan : I) Perencanaan yang dilakukan dalam pembcla_iaran bahasa Arab sangat sederhana yaitu: memilih lagu yang mana lagu tersebut sudah dikuasai oleh salah satu guru Budi Muiia Dua kcmudian Gum tersebut melatih gum-guru yang lain dengan lagu yang dikuasai. Adapun tujuan pembelajaran bahasa Arab pada anak usia dini adalah hanya bersifat pengenalan dan membentuk pengertian. 2) Proses pembelajamn bahasa Arab dengan menerapkan bemyanyi sebagai metode di play group Budi Mulia belum d1masukan dalam kegiatan belajar inti, melainkan pada kegiatan belajar awal dengan langkah-langkah tertentu dalam rangka mencapai tujuan yang telah ada. 3) Evaluasi dilaksanakan dengan cam : Pengamatan, Pencatatao anekdot dan Portofolio. Efektivitas penerapan bemyanyi sebagai metode akan tercapai apabila dapat mewujudkan beberapa hal dari manfaat metode bemyanyi, antara lain: Memberikan suasana tenang, suasana hati yang negatif dapat berkernbang menjadi positifmelalui nyanyian, Mengasah emosi, membawa emosi bu~kan lamt terb:1wa isi lagu , Membantu menguatkan daya ingat, dan menghafal sesuatu, Mengasah kemampuan apresiasi, imajinasi dan kreasi pacta anak. Dengan demikian maka pembelajaran bahasa Arab sangat efektif diberikan dengan menempkan bemyanyi sebagai metode. Akan tetapi disisi lain dapat juga dikatakan bahwa efektivitas yang dicapai oleh play group Budi Mulia Dua belum mencapai 50 %, sebab pelajaran bahasa Arab dalam program sekolah awal, belum teijadwal, belum mempunyai guru khusus, dalam satu tahun ajaran hanya memberikan satu lagu bahasa Arab dan belum dapat memanfaatkan kemainpuan dasar bahasa yang dimiliki oleh anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd 2. Drs.Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: bernyanyi, bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Jul 2017 14:42
Last Modified: 11 Jul 2017 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26219

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum