Uji Keberadaan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Organik (Auksin) dari Tauge dan Bonggol Pisang yang telah difermentasi Menggunakan MOL, EM-4 dan PGPR dengan Metode High Performance Liquid Chromatography (HPLC)

SOLIKHUL ANWARUDIN, NIM. 10640020 (2017) Uji Keberadaan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Organik (Auksin) dari Tauge dan Bonggol Pisang yang telah difermentasi Menggunakan MOL, EM-4 dan PGPR dengan Metode High Performance Liquid Chromatography (HPLC). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Uji Keberadaan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Organik (Auksin) dari Tauge dan Bonggol Pisang yang telah difermentasi Menggunakan MOL, EM-4 dan PGPR dengan Metode High Performance Liquid Chromatography (HPLC))
10640020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Uji Keberadaan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Organik (Auksin) dari Tauge dan Bonggol Pisang yang telah difermentasi Menggunakan MOL, EM-4 dan PGPR dengan Metode High Performance Liquid Chromatography (HPLC))
10640020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pupuk organik cair yang dihasilkan melalui proses fermentasi oleh berbagai jenis bakteri baik itu MOL, EM4 maupun PGPR dikatakan dapat meningkatakan pertumbuhan tanaman karena banyak mengandung unsur makro (CNPK) dan unsur mikro seperti Fitohormon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan fitohormon golongan auksin dan konsentrasinya dari bahan tauge dan bonggol pisang yang difermentasi menggunakan MOL, EM4 dan PGPR dengan metode High Performance Liquid Chromatography (HPLC). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bahan utama tauge dan bonggol pisang yang difermentasi selama satu minggu menggunakan tiga macam mikroba yaitu Mikroorganisme Lokal (MOL), Effective Microorganisme (EM4), dan PGPR. Hasil fermentasi kemudian diekstraksi menggunakan pelarut etil asetat dan dilakukan analisis kandungan NAA menggunakan HPLC. Hasil pengujian HPLC yang berupa kromatogram dengan nilai waktu retensi adalah sebagai berikut ; NAA standar (3.452), PGPR bonggol (3.422), EM-4 bonggol (3.354), MOL bonggol (3.383), MOL tauge (3.194), EM-4 tauge (3.319), PGPR tauge (3.333). Waktu retensi yang hampir sama dengan waktu retensi NAA standar adalah waktu retensi PGPR bonggol sehingga bisa disimpulkan bahwa sampel hasil fermentasi yang mengandung hormon NAA adalah PGPR bonggol pisang dengan konsentrasi 1,560 ppm dalam 250 ml sampel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ika Nugraheni A.M, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: ZPT, Auksin, MOL, EM4, PGPR, HPLC
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Jul 2017 07:37
Last Modified: 21 Jul 2017 07:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum