HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS INTERNET DENGAN MINAT BELAJAR ISMUBA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

YUNI SUHARTI SIMATUPANG, NIM. 13410048 (2017) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS INTERNET DENGAN MINAT BELAJAR ISMUBA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS INTERNET DENGAN MINAT BELAJAR ISMUBA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
13410048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS INTERNET DENGAN MINAT BELAJAR ISMUBA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
13410048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

YUNI SUHARTI SIMATUPANG. Hubungan Penggunaan Media Berbasis Internet Terhadap Minat belajar Ismuba Siswa Kelas Xl SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Tujuan penelitian ini adalah pertama,untuk mengetahui tingkat penggunan media berbasis internet, kedua untuk mengetahui tingkat minat belajar Ismuba siswa kelas XI dan ketiga, untuk mengetahui adakah hubungan antara penggunaan media berbasis internet terhadap minat belajar Ismuba siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta sebanyak 324 siswa dengan jumlah sampel 172 siswa pengambilan sampel dilakukan secara acak (Proportinonate Strataified Random Sampling). Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan taraf kesalahan 5 %. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas yang diuji cobakan kepada 30 siswa yaitu XI IIS 1. Hasil uji validitas dari 20 angket untuk variabel bebas terdapat 3 angket yang tidak valid dan dari 20 angket untuk variabel terikat terdapat 4 angket yang tidak valid, sedangkan untuk hasil uji reliabilitas untuk variabel bebas yaitu 0,865 dan variabel terikat yaitu 0,863. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan media berbasis internet siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta berada pada tingkat kategori skor 58-60 dan termasuk kriteria cukup baik. (2) Minat belajar Ismuba siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta berada pada tingkat kategori skor 52 – 54 termasuk kriteria cukup baik. (3) Ada hubungan signifikansi antara penggunaan media berbasis internet terhadap minat belajar Ismuba siswa, semakin tinggi penggunaan internet maka semakin tinggi pula minat belajar. Hal ini ditunjukkan koefisien relasi sebesar 0,552 dan berada pada kategori sedang. Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Angka sig. (2-tailed) 0,000 0,005 maka Ho ditolak sehingga dikatakan bahwa hubungan kedua variabel tersebut signifikan antara penggunaan media berbasis internet terhadap minat belajar Ismuba siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Internet, Minat Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 08:32
Last Modified: 27 Jul 2017 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26911

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum