KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KEAGAMAAN MELALUI MODEL MENTORING DI MTs AL-ISLAM JAMSAREN SURAKARTA

NUZUL LAYLA KARIMAH, NIM. 12490045 (2017) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KEAGAMAAN MELALUI MODEL MENTORING DI MTs AL-ISLAM JAMSAREN SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KEAGAMAAN MELALUI MODEL MENTORING DI MTs AL-ISLAM JAMSAREN SURAKARTA)
12490045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KEAGAMAAN MELALUI MODEL MENTORING DI MTs AL-ISLAM JAMSAREN SURAKARTA)
12490045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Siswa merupakan subjek dunia pendidikan yang dalam perjalanannya siswa kadang memiliki berbagai hambatan dalam melakukan proses belajar mengajar di sekolah. Maka dalam melaksanakan pembelajaran dilakukanlah terobosan-terobosan dalam model pembelajaran salah satunya mentoring. Model mentoring sebagai bentuk regulasi pembelajaran agar anak didik tidak begitu bosan, karena dengan model yang seperti ini proses dalam pembelajaran tidak monoton dan anak akan merasa menikmati dengan proses tersebut. Hal ini juga dilakukan oleh MTs Al-Islam Jamsaren dalam memahamkan anak didik dalam proses belajar mengajar, tujuannya jelas dengan adanya metoring menambahkan siswa dengan nilai-nilai Islam dengan motto Smart dan Religious, maka untuk dapat diketahui proses mentoring yang dilaksanakan, perbaikan model metoring serta dampak yang ditimbulkan dari model mentoring di MTs Al-Islam Jamsaren Skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data berupa studi lapangan dan studi kepustakaan, penelitian kepustakaan dilakukan dengan cara mengumpulkan literatur-literatur yang berhubungan dengan materi penelitian, sedangkan penelitian lapangan dilakukan dengan metode pengumpulan data dari lapangan melalui teknik wawancara dengan dan pengamatan langsung dalam proses pembelajaran mentoring di MTs Al-Islam Jamsaren.Penelitian ini teknik analisanya menggunakan metode kualitatif yaitu dengan pendekatan deskritif analisis dengan menggambarkan masalah yang terjadi dalam proses mentoring dari hasil wawancara dan pengamatan kedalam kalimat-kelimat yang terperinci. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwa pertama pelaksanaan Metoring di MTs Al-Islam Jamsaren dilakukan hanya diperuntukan dalam mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Kaitan dalam pelaksanaanya para siswa dikelompokan sesuai dengan kemampuan siswa dengan di dampingi 1 mentor dalam pelaksanaan metoring tersebut. Mentoring ini dijadikan media untuk menguji hafalan ataupun bacaan Al-Qur’an. Kedua untuk mengetahui kemapuan siswa dalam pembelajaran mentoring, maka sekolah memperbaiki dalam penyelengraan mentoring dengan membuat buku panduan mentoring Ketiga Adanya Mentoring dapat memberikan kemudahan bagi anak terhadap pemahaman mata pelajaran terkait dengan mata pelajaran agama Islam, seperti Qur’an hadist, Bahasa Arab danbacatulis Al-Qur’an. Selain itu dengan adanya metode mentoring ini dapat juga memberikan prestasi siswa dalam ajang perlombaan terkait dengan mata pelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Khamim Zarkasih Putra ,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemimpin, Mentoring dan Motivasi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:54
Last Modified: 31 Jul 2017 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26950

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum