PERAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DI ERA REFORMASI: Studi Kasus di Desa Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta

Anisah Nur Azizah, NIM. 13230034 (2017) PERAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DI ERA REFORMASI: Studi Kasus di Desa Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DI ERA REFORMASI: Studi Kasus di Desa Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta)
13230034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DI ERA REFORMASI: Studi Kasus di Desa Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta)
13230034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Pemberdayaan Dankesejahteraan Keluarga (PKK) di Era Reformasi: Studi Kasus di Desa Wonokromo, Pleret, Bantul”. Kesejahteraan masyarakat merupakan pencapaian yang dicita-citakan oleh seluruh masyarakat baik laki-laki maupun perempuan. Namun seringkali perempuan dinomorduakan dalam upayanya untuk meningkatkan kesejahteraan. Saat ini telah banyak berkembang gerakan-gerakan yang dilakukan oleh kaum perempuan. Salah satunya yaitu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). PKK menjadi salah satu gerakan perempuan yang masih terus berkontribusi dalam kesejahteraan masyarakat. Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang bagaimana tata kelola gerakan PKK dan bagaimana peran dari gerakan PKK ini di masyarakat khususnyadi Desa Wonokromo. Penelitian ini didasari dengan teori strukturasi dari Antonie Giddens dimana struktur dalam gerakan PKK ini sangat berpengaruh terhadap aktor-aktor PKK. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang menggambarkan keadaan sasaran penelitian secara apa adanya, menganalisa dan menginterpretasikan terhadap data-data yang telah terkumpul. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian peran PKK di era reformasi ini ialah koordinasi setiap Tim Penggerak PKK di berbagai tingkatan sehingga PKK lebih terstruktur. Dalam pelaksanaannya pun ada beberapa tantangan seperti sistem pemilihan ketua PKK yang masih mengikuti jabatan suami dan latar belakang pendidikan yang beragam dari tiap pengurus gerakan PKK. Dalam setiap pelaksanaan programnya PKK juga harus berkoordinasi dan membangun relasi dengan lembaga lain. PKK juga menjadi ujung tombak program pemerintah yang mampu menembus program hingga ke kelompok masyarakat paling bawah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdur Rozaki, M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran, Gerakan PKK, Desa Wonokromo,
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Oct 2017 13:20
Last Modified: 09 Oct 2017 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27151

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum