TATBIQ TARIQAH FIRQAT TAHQIQ LI TARQIYAH MAHARAT AL KALAM (AL BAHTHU AL TAJRIBI LI TULAB MA'HAD MINHAJ AL TAMYIZ TIMOHO YOGYAKARTA)

Ahmad Miftahun Niam, NIM. 13420046 (2017) TATBIQ TARIQAH FIRQAT TAHQIQ LI TARQIYAH MAHARAT AL KALAM (AL BAHTHU AL TAJRIBI LI TULAB MA'HAD MINHAJ AL TAMYIZ TIMOHO YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TATBIQ TARIQAH FIRQAT TAHQIQ LI TARQIYAH MAHARAT AL KALAM (AL BAHTHU AL TAJRIBI LI TULAB MA'HAD MINHAJ AL TAMYIZ TIMOHO YOGYAKARTA))
13420046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TATBIQ TARIQAH FIRQAT TAHQIQ LI TARQIYAH MAHARAT AL KALAM (AL BAHTHU AL TAJRIBI LI TULAB MA'HAD MINHAJ AL TAMYIZ TIMOHO YOGYAKARTA))
13420046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ahmad Miftahun Niam. 13420046. Penerapan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen Untuk Santri Pondok Pesantren Minhajut Tamyiz). Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampaun berbicara bahasa Arab antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode Group Investigation dalam pembelajaran kalam dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan metode Group Investigation di Pondok Pesantren Minhajut Tamyiz, Timoho. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 12 orang untuk kelompok ekperimen dan 12 orang untuk kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji “t” nilai pretest dan nilai posttest kelas eksperimen menghasilkan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 (Ha diterima). Selain itu nilai rata-rata posttest untuk kelas eksperimen menunjukkan peningkatan menjadi 83. Peningkatan nilai rata rata posttest kelas eksperimen mencapai 29,5 point, sedangkan kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan posttest sebesar 3 point. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa metod Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab. Kata Kunci : Metode Group Investigation, Kemampuan Berbicara, Penelitian Eksperimen, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Mun'im, M Ag
Uncontrolled Keywords: Ahmad Miftahun Niam. 13420046. Penerapan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen Untuk Santri Pondok Pesantren Minhajut Tamyiz). Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampaun berbicara bahasa Arab antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode Group Investigation dalam pembelajaran kalam dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan metode Group Investigation di Pondok Pesantren Minhajut Tamyiz, Timoho. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 12 orang untuk kelompok ekperimen dan 12 orang untuk kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji “t” nilai pretest dan nilai posttest kelas eksperimen menghasilkan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 (Ha diterima). Selain itu nilai rata-rata posttest untuk kelas eksperimen menunjukkan peningkatan menjadi 83. Peningkatan nilai rata rata posttest kelas eksperimen mencapai 29,5 point, sedangkan kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan posttest sebesar 3 point. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa metod Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab. Kata Kunci : Metode Group Investigation, Kemampuan Berbicara, Penelitian Eksperimen, Pondok Pesantren.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Aug 2017 10:08
Last Modified: 04 Aug 2017 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27213

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum