PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM MOMEN INERSIA BERBASIS ARDUINO UNO R3 DI LABORATORIUM TERPADU UIN SUNAN KALIJAGA

Sulis Priyanto, NIM. 10690048 (2017) PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM MOMEN INERSIA BERBASIS ARDUINO UNO R3 DI LABORATORIUM TERPADU UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM MOMEN INERSIA BERBASIS ARDUINO UNO R3 DI LABORATORIUM TERPADU UIN SUNAN KALIJAGA)
10690048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM MOMEN INERSIA BERBASIS ARDUINO UNO R3 DI LABORATORIUM TERPADU UIN SUNAN KALIJAGA)
10690048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui cara mengembangkan alat praktikum momen inersia dengan menggunakan perangkat Arduino Uno, 2) Mengetahui kualitas alat yang dikembangkan, 3) Mengetahui keterlaksanaan dan respon mahasiswa terhadap alat yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari ahli media, pranata laboratorium terpadu (PLP) dan respon mahasiswa/praktikan serta hasil observasi asisten praktikum fisika dasar UIN Sunan Kalijaga. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan prosedur pengembangan menurut M. D. Gall, Joyce P. Gall dan Walter R. Borg dalam bukunya “Educational Research” yang memiliki 10 tahapan pengembangan. Penelitian ini dibatasi sampai tahap Operational Product Revision atau revisi produk berdasarkan uji lapangan luas (revisi II). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi produk, lembar penilaian ahli media dan PLP, lembar respon uji coba lapangan awal, lembar respon uji coba lapangan luas dan lembar observasi keterlaksanaan. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui tingkat validitas produk awal. Analisis data dari lembar penilaian ahli media, PLP dan lembar respon uji coba lapangan digunakan untuk mengetahui kualitas alat yang dikembangkan. Skor masing-masing kriteria dirata-rata kemudian dikonversi dalam skala Likert dengan skor tertinggi 4 dan diklasifikasi dalam kategori Sangat Baik (SB), Baik (B), Tidak Baik (TB) atau Sangat Tidak baik (STB). Analisis data lembar respon uji coba lapangan luas dan lembar observasi keterlaksanaan untuk mengetahui keterlaksanaan alat dan proses pengambilan data oleh responden. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa alat praktikum yaitu counter berbasis Arduino Uno sebagai pengganti light barrier with counter yang dibuat PHYWE. Alat ini dikembangkan melalui prosedur penelitian pengembangan model R&D (Research and Development). Kualitas alat yang dikembangkan termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) berdasarkan penilaian ahli media dan PLP dengan skor rata-rata 3,89 dan 3,67. Keterlaksanaan alat berdasarkan respon mahasiswa/praktikan dan hasil observasi asisten menunjukkan alat yang dikembangkan lebih baik dibandingkan dengan alat sebelumnya (light barrier with counter). Alat yang dikembangkan dapat digunakan sebagai pengganti light barrier with counter. Kata kunci: Praktikum momen inersia, Arduino Uno, counter, light barrier with counter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Untoro, M.Si
Uncontrolled Keywords: Praktikum momen inersia, Arduino Uno, counter, light barrier with counter.
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Sep 2017 12:39
Last Modified: 15 Sep 2017 12:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27365

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum