STUDI KOMPARASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI SABDODADI BANTUL DAN KELAS XI MADRASAH ALIYAH AS SAKINAH HIDAYATULLAH SLEMAN YOGYAKARTA

Rizal Effendi Putra, NIM : 1520410042 (2017) STUDI KOMPARASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI SABDODADI BANTUL DAN KELAS XI MADRASAH ALIYAH AS SAKINAH HIDAYATULLAH SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI SABDODADI BANTUL DAN KELAS XI MADRASAH ALIYAH AS SAKINAH HIDAYATULLAH SLEMAN YOGYAKARTA)
1520410042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (43MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI SABDODADI BANTUL DAN KELAS XI MADRASAH ALIYAH AS SAKINAH HIDAYATULLAH SLEMAN YOGYAKARTA)
1520410042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (449kB)

Abstract

Rizal Effendi Putra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan manajemen pembelajaran yang dilaksanakan dalam pembelajaran bahasa Arab oleh guru kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Sabdodadi Bantul dan kelas XI Madrasah Aliyah As Sakinah Hidayatullah Sleman Yogyakarta serta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat terealisasinya pembelajaran yang efektif. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dalam memperbaiki proses pembelajaran bagi semua pihak, khususnya Madrasah Aliyah Negeri Sabdodadi Bantul dan Madrasah Madrasah Aliyah As Sakinah Hidayatullah Sleman Yogyakarta. Metode penelitian yang dipakai adalah studi perbandingan, jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subyek penelitian ini adalah MAN Sabdodadi dan MA As Sakinah (Analisis Komparasi) dan guru Bahasa Arab di kelas XI. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu: pengumpulan data (data dari asil observasi, wawancara dan dokumentasi), mengkaji data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan menverifikasi mana data yang lebih mendalam dengan menelaah hasil yang telah dikumpulkan. Hasil dari penelitian menunjukkan : 1) Manajemen pembelajaran bahasa Arab dapat dilihat dari fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan oleh guru, yaitu: pertama, perencanaan pembelajaran, hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran seperti silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Program harian, Program semester dan Program tahunan mengacu pada kalender akademik yang telah disepakati oleh kantor wilayah (Kanwil). Sedangkan di MA As Sakinah Hidayatullah menggunakan kurikulum yang telah disusun oleh madrasah yaitu kurukulum diniyah serta silabus pembelajaran bahasa Arab juga disusun oleh madrasah. Adapun pada setiap identitas perencanaan hanya tertulis untuk kelas XI A MA dan XI B MA . Karena di MA As Sakinah khususnya kelas XI belum ada penjurusan. Kedua, pengorganisasian pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran cukup efektif, karena baik pendekatan, strategi, metode, media pengelolaan kelas yang digunakan sudah cukup efektif. Ketiga, pengarahan pembelajaran, dari hasil penelitian menunjukkan guru sudah mealakukan pengarahan yang baik kepada siswanya dalam memotivasi, memimpin maupun dalam mengajar. Keempat, pengawasan pembelajaran, pengawasan pembelajaran sudah cukup efektif karena penilaian yag dilakukan guru adalah penilaian ujian, penilaian afektif dan penilaian psikomotorik. 2) Dari beberapa faktor pendukung dan penghambat, pendukung utama pembelajaran bahasa Arab bagi kelas XI di MAN Sabdodadi adalah dengan adanya lulusan siswa MTs membuat pembelajaran menjadi mudah. selain itu, fasilitas lengkap, dan kelas sangat mendukung. Kendala utama dalam manajemen pembelajaran adalah kemampuan siswa dalam membaca dan menerjamahkan masih rendah. Selain itu, penggunaan media-media elektronik yang belum maksimal. 3) Perbedaan MAN Sabdodadi Pertama, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Program harian, Program semester dan Program tahunan mengacu pada yang telah disepakati oleh kantor wilayah (Kanwil). MA As Sakinah mengacu pada silabus yang telah disediakan oleh madrasah, serta belum melengkapi RPP, Program harian, Program semester, dan Program tahunan. Kedua, metode yang diterapkan guru MAN Sabdodadi Bantul adalah metode Drill (pengulangan). Metode yang diterapkan guru MA As Sakinah adalah metode Eklektik (campuran). Dengan demikian manajemen pembelajaran bahasa Arab dilakukan kedua sekolah tersebut cukup efektif dan efisien dari segi manajemen dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Abd. Rachman Assegaf, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Manajemen Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Nov 2017 11:03
Last Modified: 14 Nov 2017 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27391

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum