PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-ISTIMĀ’ BERBASIS MEDIA LECTORA INSPIRE DI MADRASAH ALIYAH SWASTA ULUMUDDIN LHOKSEUMAWE ACEH

Muhammad Ediyani, NIM: 1520410002 (2017) PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-ISTIMĀ’ BERBASIS MEDIA LECTORA INSPIRE DI MADRASAH ALIYAH SWASTA ULUMUDDIN LHOKSEUMAWE ACEH. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-ISTIMĀ’ BERBASIS MEDIA LECTORA INSPIRE DI MADRASAH ALIYAH SWASTA ULUMUDDIN LHOKSEUMAWE ACEH)
1520410002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-ISTIMĀ’ BERBASIS MEDIA LECTORA INSPIRE DI MADRASAH ALIYAH SWASTA ULUMUDDIN LHOKSEUMAWE ACEH)
1520410002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Ediyani: Pengembangan Materi Pembelajaran Mahārah al-Istimā’ Berbasis Media Lectora Inspire di Madrasah Aliyah Swasta Ulumuddin Lhokseumawe Aceh, Tesis, Yogyakarta: Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru bahasa Arab Madrasah Aliyah Swasta Ulumuddin yang tidak efektif dalam mengajarkan mahārah al-istimā’ bahkan sebagian guru mengabaikan mahārah al-istimā’, hal ini dikarenakan tidak adanya persiapan yang materi yang baik dari guru dan kurangnya pengetahuan guru dalam merancang sebuah media yang akan diterapkan kepada siswa sehingga guru mengajar dengan metode dan media konvensional sehinnga siswa menjadi bosan dalam pembelajaran mahārah al-istimā’. Tujuan penilitian ini yaitu untuk mengetahui prosedur pembuatan dan pengembangan materi pembelajaran mahārah al-istimā’ berbasis media Lectora Inspire, dan mengetahui hasil validasi ahli media, ahli materi, respon guru dan respon siswa serta efektivitas penggunaan materi pembelajaran mahārah al-istimā’ berbasis media Lectora Inspire untuk siswa Madrasah Aliyah Swasta Ulumuddin Lhokseumawe Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development/R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick & Carry, yaitu model pengembangan yang terdiri dari lima tahapanmyang meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (a) Hasil validasi ahli media terhadap materi pembelajaran mahārah al-istimā’ berbasis media Lectora Inspire diperoleh persentase 81,82% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 80% dengan kategori baik, (b) Hasil respon guru terhadap materi pembelajaran mahārah al-istimā’ berbasis media Lectora Inspire diperoleh persentase 91,11% dengan kategori sangat baik, sedangkan respon siswa diperoleh persentase 82,43% dengan kategori sangat baik, (c) Penggunaan materi pembelajaran mahārah al-istimā’ berbasis media Lectora Inspire sangat efektif dalam pembelajaran mahārah al-istimā’ dengan perolehan nilai rata-rata pre-test untuk siswa kelas X-I sebesar 61 dan nilai rata-rata post-test sebesar 85,09 dengan nilai signifikansi p = 0,000 < 0,05, dan perolehan nilai rata-rata pre-test untuk siswa kelas XI-III sebesar 60,35 dan nilai rata-rata post-test sebesar 85 dengan nilai signifikansi p = 0,000 < 0,05, serta perolehan nilai rata-rata pre-test untuk siswa kelas XII-III sebesar 60,45 dan nilai rata-rata post-test sebesar 85,06 dengan nilai signifikansi p = 0,000 < 0,05. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa materi pembelajaran mahārah al-istimā’ berbasis media Lectora Inspire supaya dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi yang diajarkan, sehingga siswa mampu menguasai materi dengan optimal, dan dapat menjadikan motivasi bagi guru dalam meningkatkan keprofesionalan mengajar, dan hasil penelitian ini juga dapat memberikan solusi bagi siswa dalam pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan, sehingga dapat mencapai indikator-indikator dan dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran mahārah al-istimā’.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Materi Pembelajaran, Mahārah al-Istimā’, Media Lectora Inspire
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Nov 2017 11:10
Last Modified: 14 Nov 2017 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27395

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum