Tulai Hahning Safitri, NIM: 1520410039 (2017) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SD MUHAMMADIYAH KARANGTURI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.
|
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SD MUHAMMADIYAH KARANGTURI YOGYAKARTA)
1520410039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SD MUHAMMADIYAH KARANGTURI YOGYAKARTA)
1520410039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
TULAI HAHNING SAFITRI, S.Pd.I, NIM. 1520410039, “Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru SD Muhammadiyah Karangturi Yogyakarta”, dalam bimbingan Dr. Imam Machali, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Peran kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru SD Muhammadiyah Karangturi Yogyakarta, (2) kinerja guru SD Muhammadiyah Karangturi Yogyakarta, (3) Peningkatan kinerja guru SD Muhammadiyah Karangturi, dan (4) faktor pendukung dan penghambat manajemen kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru SD Muhammadiyah Karangturi Yogyakarta. Penelitian ini bertempat di SD Muhammadiyah Karangturi Yogyakarta tepatnya di jalan Pleret, Baturetno, Karangturi, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Untuk mendapatkan data peneliti melakukan terjun langsung di lapangan (field research). Dalam menganalisa data, peneliti secara bertahap menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Selain itu, dalam menganalisa kinerja guru peneliti menggunakan prosedure pengindeksian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah meliputi lima bidang garapan kepala sekolah yaitu (1) manajemen kurikulum, (2) manajmen personalia, (3) manajemen kesiswaan, (4) manajemen keuangan, (5) manajemen sarana dan prasrana. Peran kepala sekolah dalam kelima bidang garapan kepala sekolah tersebut, kepala sekolah mendelegasikan tanggungjawabnya kepada seorang pelaksana tugas harian (PLh) kepala sekolah dan di bantu atau melibatkan atau menyerahkan sepenuhnya kepada wakil bidang manajemen. Dalam perannya sebagai kepala sekolah berdampak positif dalam peningkatan kinerja guru SD Muhammadiyah Karangturi. Ini terbukti bahwa (1) Guru siap mengimplementasikan kurikulum baru. (2) Guru menggunakan strategi pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. (3) Guru mampu mengevaluasi pembelajaran siswa sesuai dengan ketentuan kurikulum yang berlaku, yaitu dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. (4) Guru mengajar tidak hanya berorientasikan kepada materi akan tetapi juga tanggung jawab moral. Selain itu juga, penigkatan kinerja guru SD Muhammadiyah Karangturi yang baik didukung juga data ovbservasi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang peneliti lakukan. Data ini dianalisis dengan cara pengindeksan dan pengkategorian data. Dari hasil analisis tersebut dari 10 orang guru yang peneliti observasi terdapat 1 orang guru yang memiliki kinerja yang tidak baik, sedangkan 6 orang guru memiliki kinerja yang sangat baik, serta 3 orang guru memilki kinerja yang baik. Sedangkan faktor-faktor pendukung dalam menajemen pelaksana tugas harian kepala sekolah adalah: (1) Kuatnya motivasi dari pembina sekolah. (2) Kondusifnya lingkungan sekolah dalam berinteraksi sosial, baik anatara guru, siswa, dan masyarakat. (3) Adanya dukungan positif dari stakeholder baik bersifat materi maupun nonmateri, baik dari orang tua siswa maupun masyarakat sekitar SD Muhammadiyah Karangturi. Adapun faktor-faktor penghambat antara lain sebagai berikut: (1) Sangat minimnya SDM guru SD Muhammadiyah Karangturi. viii (2) Kurang ada kepercayaan antara pembina dengan kepala sekolah. (3) Kurangnya koordinasi antara sesama kordinator kegiatan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Imam Machali, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Peran, Kepala Sekolah, dan Kinerja guru |
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Sekolah (School Administration) |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 08:09 |
Last Modified: | 03 Oct 2017 08:09 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27402 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |