PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS INTEGRATIF TEMA PEDULI LINGKUNGAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL WATHAN 1 KEMBANG KERANG LOMBOK TIMUR

Hudri, NIM: 1520420015 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS INTEGRATIF TEMA PEDULI LINGKUNGAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL WATHAN 1 KEMBANG KERANG LOMBOK TIMUR. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS INTEGRATIF TEMA PEDULI LINGKUNGAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL WATHAN 1 KEMBANG KERANG LOMBOK TIMUR)
1520420015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS INTEGRATIF TEMA PEDULI LINGKUNGAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL WATHAN 1 KEMBANG KERANG LOMBOK TIMUR)
1520420015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (673kB)

Abstract

Pengembangan bahan ajar IPS integratif tema peduli lingkungan sosial dimaksudkan untuk mengembangkan materi pelajaran IPS yang diintegrasikan dengan konsep Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas bahan ajar IPS integratif berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan ahli integrasi Islam. Kelayakan bahan ajar IPS integratif diperoleh berdasarkan hasil observasi kegiatan guru dan respon peserta didik dalam proses ujicoba. Sedangkan, peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil belajar peserta didik setelah uji coba kelompok besar dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nahdlatul Wathan 1 Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah pengembangan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 3 MI Nahdlatul Wathan 1 Kembang Kerang sebanyak 32 peserta didik yang dibagi menjadi kelas 3.A dan 3.B masing-masing sebanyak 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif menggunakan rumus interval dan tabel klasifikasi. Kualitas bahan ajar IPS integratif tema peduli lingkungan sosial berdasarkan hasil validasi ahli sebesar 4.47 dengan kategori “sangat valid”. Pengembangan bahan ajar dilakukan dalam 6 tahap kegiatan pembelajaran. Secara keseluruhan, diperoleh rerata skor hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif sebesar 80.2, aspek afektif sebesar 3.20, dan aspek psikomotorik sebesar 3.11. Efektifitas penerapan bahan ajar IPS integratif tema peduli lingkungan sosial dapat dilihat dari ketuntasan dan peningkatan hasil belajar setelah menggunakan bahan ajar IPS integratif. Pada tahap pretest diperoleh skor sebesar 2040 dengan rerata total sebesar 63.7. Sedangkan pada tahap postest diperoleh hasil belajar sebesar sebesar 2490 dengan rerata sebesar 77.8. Dengan demikian, terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan bahan ajar IPS integratif. Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, IPS, Integratif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, IPS, Integratif.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Oct 2017 09:44
Last Modified: 17 Oct 2017 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27539

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum