HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA SMP

SP Ramadhan Sembiring, NIM 13710085 (2017) HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA SMP)
13710085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA SMP)
13710085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keharmonisan keluarga dengan karakter disiplin dan untuk mengetahui seberapa besar sumbangan efektif keharmonisan keluarga dalam membentuk karakter disiplin pada siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 3 Kalasan yang berjumlah 86 siswa, alat pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah skala keharmonisan keluarga dan skala karakter disiplin. Teknik pengambilan sample yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik product moment dari pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa, keharmonisan keluarga dengan karakter disiplin memiliki nilai r sebesar 0,532 dan nilai p sebesar 0,000 (P < 0,05) dan hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara keharmonisan keluarga dan karakter disiplin. Semakin tinggi tingkat keharmonisan keluarga maka semakin tinggi juga tingkat karakter disiplin pada siswa, sebaliknya semakin rendah keharmonisan dalam keluarga maka semakin rendah juga karakter disiplin pada siswa, dan dapat disimpulkan hipotesis penelitian yaitu ada hubungan positif antara keharmonisan keluarga dengan karakter disiplin diterima. Sumbangan efektif keharmonisan keluarga terhadap karakter disiplin sebesar 0,283 (28,3%). Kata kunci: Keharmonisan keluarga, Karakter disiplin [INDONESIA] This study aims to determine the relationship between family harmony with the character of the discipline and to know how big the family harmony effective contribution in shaping the character of discipline in students. The subjects were students of class VIII SMP Negeri 3 Kalasan totaling 86 students, means of data collection used in this study is the scale of family harmony and discipline the character scale. Sampling technique used in this research is purposive sampling technique. Methods of data analysis used in this study is the Pearson product moment technique, the analysis shows that, family harmony with the character of the discipline has a r value of 0.532 and p value of 0.000 (P <0.05) and the results showed a positive relationship between harmony families with discipline code, the higher the level of family harmony, the higher the character level of discipline in students, conversely the lower the harmony in the family, the lower is also the character of discipline in students, it can be concluded the research hypothesis that there is a positive relationship between family harmony with the character of the discipline received. Effective contribution to the character of the discipline of family harmony of 0.283 (28.3%). Keywords: Family Harmony, Discipline Characters

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rachmy Diana S.Psi, M.A
Uncontrolled Keywords: Keharmonisan keluarga, Karakter disiplin,Family Harmony, Discipline Characters
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2017 15:56
Last Modified: 16 Nov 2017 15:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27623

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum