Model Permainan Duopoli: Cournot, Bertrand, dan Stackelberg

INA SALAMATUL MUFARICHA, NIM. 13610006 (2017) Model Permainan Duopoli: Cournot, Bertrand, dan Stackelberg. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Model Permainan Duopoli: Cournot, Bertrand, dan Stackelberg)
13610006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (Model Permainan Duopoli: Cournot, Bertrand, dan Stackelberg)
13610006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Adanya pasar bebas menyebabkan persaingan dalam bidang ekonomi semakin ketat. Produsen, dalam hal ini adalah perusahaan perlu memikirkan strategi yang tepat agar keuntungan yang dicapai maksimum. Teori permainan hadir untuk memberikan analisis tentang strategi persaingan ini. Jenis permainan sederhana adalah permainan yang dimainkan oleh dua orang (duopoli) yang selanjutnya dapat dikembangkan menjadi lebih dari dua pemain. Terdapat tiga model duopoli dalam analisis persaingan ini, yaitu model duopoli Cournot, Bertrand dan Stackelberg. Ketiga model duopoli tersebut memiliki strategi yang berbeda untuk memperoleh keuntungan maksimum. Model duopoli Cournot menekankan pada strategi jumlah produk yang diproduksi. Model duopoli Bertrand menekankan strategi harga. Sedangkan Stackelberg menggunakan strategi yang lebih fleksibel. Namun pada skripsi ini, strategi yang digunakan pada duopoli Stackelberg adalah strategi jumlah produksi. Selain perbedaan strategi, model duopoli Cournot dan Bertrand adalah model permainan statis yang kemudian dapat diselesaikan dengan aturan dominasi dan ekuilibrium Nash. Sedangkan model Stackelberg adalah model permainan dinamis yang kemudian dapat diselesaikan dengan aturan induksi mundur.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. M. Wakhid Musthofa, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Permainan duopoli. Duopoli Cournot. Duopoli Bertrand. Duopoli Stackelberg. Ekuilibrium Nash. Induksi Mundur.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:06
Last Modified: 30 Oct 2017 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27914

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum