EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta)

Ira Nurhasanah, NIM: 1520410070 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta))
1520410070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta))
1520410070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas model pembelajaran Kumon terhadap konsentrasi belajar dan prestasi bahasa Arab siswa kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta. Hal ini dilatarbelakangi oleh penguasaan keterampilan berbahasa yang tidak cukup hanya dengan membaca, tetapi perlu latihan, pengulangan, dan pembiasaan. Model pembelajaran Kumon menekankan pada latihan, pengulangan dan pembiasaan yang tertuang dalam lembar kerja. Selain itu, model pembelajaran Kumon mendukung terhadap penguasaan berbagai unsur dan kemahiran dalam bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi atan eksperimen semu dengan design non equivalent pre-test post-test control groups design. Kelas V Ibnu Washil sebagai kelas kontrol dan kelas V Ibnu Fadlan sebagai kelas eksperimen. Kedua kelas dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol karena kesamaan keduanya dalam berbagai hal seperti nilai rata-rata, jam pelajaran, jumlah siswa, serta ruang kelas yang relatif sama. Teknik angket, pengamatan dan interview adalah teknik yang digunakan oleh peneliti untuk mengetahui tingkat konsentrasi kedua kolompok. Adapun untuk mengetahui prestasi bahasa Arab kedua kelompok peneliti menggunakan teknik pretest dan posttest pada dua kelompok yang menggunakan model pembelajaran yang berbeda. Untuk menguji hipotesisnya peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Independent Sample Test bermediakan SPSS.16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Kumon cukup epektif dan memberi berpengaruh terhadap konsentrasi dan prestasi belajar bahasa Arab siswa. Perbedaan ini tampak pada jumlah siswa kelas eksperimen yang lebih memenuhi indikator konsentrasi daripada kelas kontrol. Selain itu, tampak juga perbedaan rata-rata nilai post test yang diperoleh oleh kelas kontrol 62. 25 dan kelas eksperimen 68.83. Perbandingan antara hasil kelas eksperimen dan dan kelas kontrol berdasarkan uji stastik independent sample test dengan menggunakan SPSS.16 menghasilkan signifikansi 0.04 yang menunjukkan signifikan. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post test kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Kumon dan kelas Kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Maka model pembelajaran Kumon cukup epektif digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab di sekolah dasar. Kata Kunci: Eksperimen Model Pembelajaran Kumon, Konsentrasi Belajar dan Prestasi Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Eksperimen Model Pembelajaran Kumon, Konsentrasi Belajar dan Prestasi Siswa
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Nov 2017 13:45
Last Modified: 06 Nov 2017 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28215

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum