PREFERENSI NASABAH MUSLIM TIDAK MENGGUNAKAN BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA, UMY DAN UII)

RESTI UMAIROH, NIM. 13810149 (2017) PREFERENSI NASABAH MUSLIM TIDAK MENGGUNAKAN BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA, UMY DAN UII). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PREFERENSI NASABAH MUSLIM TIDAK MENGGUNAKAN BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA, UMY DAN UII))
13810149_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PREFERENSI NASABAH MUSLIM TIDAK MENGGUNAKAN BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA, UMY DAN UII))
13810149_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Based on Law No. 10 of 1998 which provides direction for conventional banks to open sharia business units, there are two kinds of banking system in Indonesia: sharia bank and conventional bank. Since its establishment in 1992 until the year 2016 Islamic banks have always experienced the development of both assets, deposits, and financing. However, since 2012 until 2016 the development of assets in sharia banks has decreased, this is marked by the imbalance between the number of Muslim population in Indonesia with the number of Muslim customers who use Islamic banks in Indonesia, the number of Muslim customers in Indonesia is less than 10% of the total Muslim population in Indonesia. As for several factors causing Muslim customers not to use sharia banks are knowledge, service, administrative advantages, products, and religiosity. The purpose of this study was to determine the effect of preference, knowledge, service, administrative provit, product, and religiusitas about preference the muslim customer not using the Islamic bank. The analytical method used is the Logistic Method with the help of software Microsoft Excel 2013 and SPSS 22. The primary data obtained from the distributing quesionaire with the respondent university student from UIN Sunan Kalijaga, UII, and UMY. The independent variables consist of preference, knowledge, service, administrative provit, product, and religiusitas, while the dependent variable is muslim customer not using the Islamic bank. The results showed the variables preference, knoeledge, service, administrative profit, product, and religiusitas positive and significans effect about preference muslim customer not using the Islamic bank. Be based on summary model obtained value Cox & Snell R Square are 0,460. This suggest that at 46% independent variable can explain dependen variabel and the remaining variables 54% influenced variables outside the model. While the Negelke R Square obtained value 0,707. This suggest that at 70,7% independent variables can explain dependen variabel and the remaining variables 29,3% influenced variables outsidethe model ( INDONESIA ) Berdasarkan UU no 10 tahun 1998 yang memberikan arahan bagi bank konvensional untuk membuka unit usaha syariah, sistem perbankan di Indonesia ada dua macam yaitu bank syariah dan bank konvensional. Sejak awal berdiri pada tahun 1992 hingga tahun 2016 bank syariah selalu mengalami perkembangan baik asset, DPK, maupun pembiayaan. Akan tetapi semenjak tahun 2012 hingga 2016 perkembangan asset pada bank syariah mengalami penurunan, ini ditandai dengan ketidakseimbangan antara jumlah penduduk muslim di Indonesia dengan jumlah nasabah muslim yang menggunakan bank syariah di Indonesia, jumlah nasabah muslim di Indonesia kurang dari 10% dari total penduduk muslim di Indonesia. Adapun beberapa faktor penyebab nasabah muslim tidak menggunakan bank syariah adalah pengetahuan, pelayanan, keuntungan administrasi, produk, dan religiusitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, pelayanan, keuntungan administrasi, produk, dan religiusitas terhadap kecenderungan nasabah muslim tidak menggunakan bank syariah. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Logistic dengan bantuan software Microsoft Excel 2013 dan SPSS 22. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner yang diisi oleh mahasiswa ekonomi islam dari UIN, UII, dan UMY. Variabel independent terdiri dari pengetahuan, pelayanan, keuntungan administrasi, produk, dan religiusitas, sedangkan variable dependennya adalah nasabah muslim yang tidak menggunakan bank syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel preferensi, pengetahuan, pelayanan, keuntungan administrasi, produk, dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi nasabah muslim tidak menggunakan bank syariah. Berdasarkan model summary diperoleh nilai Cox & Snell R Square adalah 0,460. Hal ini menunjukkan bahwa 46% variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen dan 54% sisanya dipengaruhi oleh variabel di luar model. Sedangkan pada Negelke R Square diperoleh nilai sebesar 0,707 yang berarti variabel independennya mampu menjelaskan variasi dari variabel dependen sebesa 70,7%, dan sisanya yaitu 29,3% dijelaskan variabel diluar model yang diteliti. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengetahuan, pelayanan, keuntungan administrasi, produk serta religiusitas merupakan faktor penyebab naabah muslim tidak menggunakan bank syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muh. Rudi Nugroho, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Preference, knowledge, religiusitas, syariah bank, Preferensi, Pengetahuan, Religiusitas, dan Bank Syariah
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Nov 2017 14:48
Last Modified: 07 Nov 2017 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28261

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum