AL ANASIR AL SIKOLOGIYYAH LI AL SHAKHSI RAISIY FI AL RIWAYAH ZAINAH LI NAWAL SA'DAWI (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH INDA SIGMUND FREUD)

NUR ASIYAH, 10110095 (2017) AL ANASIR AL SIKOLOGIYYAH LI AL SHAKHSI RAISIY FI AL RIWAYAH ZAINAH LI NAWAL SA'DAWI (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH INDA SIGMUND FREUD). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AL ANASIR AL SIKOLOGIYYAH LI AL SHAKHSI RAISIY FI AL RIWAYAH ZAINAH LI NAWAL SA'DAWI (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH INDA SIGMUND FREUD))
10110095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (AL ANASIR AL SIKOLOGIYYAH LI AL SHAKHSI RAISIY FI AL RIWAYAH ZAINAH LI NAWAL SA'DAWI (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH INDA SIGMUND FREUD))
10110095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul permasalahan-permasalahan Psikologi Tokoh Utama dalam Novel Zeina karya Nawwal As sa’dawi. Novel yang berjudul Zeina Karya Nawwal As sa’dawi banyak mengalami permasalahan kejiwaan yang dialami oleh tokoh utama, yaitu Boudur. Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap unsur-unsur psikologis tokoh utama dalam Novel Zeina karya Nawwal As sa’dawi. Dalam mengkaji dan menganalisis Novel Zeina karya Nawwal As sa’dawi, penulis menggunakan teori psikoanalisa Sigmund Freud yang dibagi menjadi tiga dalam struktur kepribadian manusia yaitu id, ego dan superego dan juga membahas mekanisme pertahanan ego. Dalam menganalisis Novel Zeina karya Nawwal As sa’dawi dilakukan dengan memberikan perhatian pada masalah kejiwaan tokoh utama yang terdapat dalam karya sastra. Dalam psikoanalisis dijelaskan bahwa hubungan antara Boudur dan suaminya Zakaria tidak baik bahkan menimbulkan konflik. Begitu juga yang dialami oleh tokoh Boudur dalam novel Zeina di mana ia merasa bersalah terhadap anaknya sehingga banyak menimbulkan konflik batin dalam diri Boudur. Konflik batin yang dialami Boudur dikarnakan ketidak seimbangan anata Id, Ego dan Super Ego. Di mana dalam diri Boudur Id lebih mendominasi dari pada dua aspek yang lain. dominasi id ini berdampak pada kejiwaannya. Dalam hal ini faktor yang memegang peranan penting adalah kebencian terhadap suaminya. Gangguan batin tersebut menyebabkan kecemasan pada diri Boudur. Pertahan ego yang dialkukan oleh tokoh utama untuk menanggulangi kecemasan pada diri Boudur adalah Displacement, pembentukan reaksi (redetion formation), fiksasi, represi, rasionalisasi dan melawan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ANING AYU KUSUMAWATI
Uncontrolled Keywords: Displacement, pembentukan reaksi (redetion formation), fiksasi, represi, rasionalisasi dan melawan diri.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Nov 2017 08:08
Last Modified: 08 Nov 2017 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28265

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum