HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS IV SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

FEBRIASTI DINA SAPUTRI, NIM. 13480091 (2017) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS IV SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS IV SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
13480091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS IV SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
13480091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Febriasti Dina Saputri. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Kelas IV SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017. Pembelajaran inkuiri menciptakan sebuah pembelajaran yang mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran, membuat siswa dapat mencari dan menemukan jawaban dari suatu permasalahan sehingga dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa di kelas dengan cara tanya jawab, berdiskusi, menyampaikan pendapat, serta menyampaikan hasil diskusi kelompok. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang penerapan pembelajaran inkuiri, kemampuan berpikir kritis siswa, serta hubungan antara persepsi siswa tentang penerapan pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis di kelas IV SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional. Teknik yang digunakan yaitu angket, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan uji validitas instrumen persepsi siswa tentang penerapan pembelajaran inkuiri dinyatakan 20 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,780, uji validitas instrumen kemampuan berpikir kritis dinyatakan 15 soal valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,707, variabel X dan Y berdistribusi normal, hubungan antara variabel X dengan variabel Y adalah linier. Kesimpulan dalam penelitian adalah nilai persepsi siswa tentang penerapan pembelajaran inkuiri adalah sebesar 78,26% dari yang diharapkan dengan kategori sedang, nilai kemampuan berpikir kritis adalah sebesar 68,33% dari yang diharapkan dengan kategori sedang, terdapat hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang penerapan pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis di kelas IV SDIT Salsabila 3 Banguntapan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,479 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, pembelajaran inkuiri, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Dec 2017 10:40
Last Modified: 13 Dec 2017 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28627

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum