EFEKTIVITAS METODE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI KELAS VII MTS NEGERI 4 SLEMAN YOGYAKARTA ( STUDI EKSPERIMEN )

YEKTI NUGRAHENI, NIM. 13420020 (2017) EFEKTIVITAS METODE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI KELAS VII MTS NEGERI 4 SLEMAN YOGYAKARTA ( STUDI EKSPERIMEN ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI KELAS VII MTS NEGERI 4 SLEMAN YOGYAKARTA ( STUDI EKSPERIMEN ))
13420020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI KELAS VII MTS NEGERI 4 SLEMAN YOGYAKARTA ( STUDI EKSPERIMEN ))
13420020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya metode talking stick dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab kemudian ada tidaknya perbedaan signifikan pada hasil pembelajaran kosa kata bahasa Arab siswa eksperimen (kelompok yang menggunakan metode talking stick ) dengan kelompok kontrol (tidak menggunakan metode talking stick ) sebelum dan sesudah diadakan treatment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs Negeri 4 Sleman, kemudian untuk sampelnya yang terdiri dari kelompok eksperimen kelas VII A 34 siswa dan kelompok kontrol kelas VII D 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode eksperimen, wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah metode talking stick efektif dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab dikelompok eksperimen, dibuktikan dengan antusias siswa dalam belajar dan hasil uji “t” posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol didapatkan nilai sginifikansi 0.05 yaitu 0,000 0,05 bahwa Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikansi antara kelas eksperimen dan kontrol (disetujui). Sedangkan uji “t” nilai pretest dan posttest eksperimen kelas diperoleh nilai signifikansi 0.000 0.05 dengan rata-rata kelas eksperimen 77.79 dan kelas kontrol 62.34 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada kelompok eksperimen yang artinya metode talking stick efektif digunakan dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab di kelas VII MTs Negeri 4 Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, Metode Talking Stick, Kosa Kata Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jan 2018 14:27
Last Modified: 03 Jan 2018 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28841

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum