ANALISIS BUKU SISWA BAHASA ARAB PENDEKATAN SAINTIFIK KURUKULUM 2013 UNTUK KELAS XI MADRASAH ALIYAH PEMINATAN IPA, IPS DAN BAHASA

NOVIA NURHIDAYAH, NIM. 13420018 (2017) ANALISIS BUKU SISWA BAHASA ARAB PENDEKATAN SAINTIFIK KURUKULUM 2013 UNTUK KELAS XI MADRASAH ALIYAH PEMINATAN IPA, IPS DAN BAHASA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU SISWA BAHASA ARAB PENDEKATAN SAINTIFIK KURUKULUM 2013 UNTUK KELAS XI MADRASAH ALIYAH PEMINATAN IPA, IPS DAN BAHASA)
13420018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU SISWA BAHASA ARAB PENDEKATAN SAINTIFIK KURUKULUM 2013 UNTUK KELAS XI MADRASAH ALIYAH PEMINATAN IPA, IPS DAN BAHASA)
13420018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari penggunaan buku ajar yang sangat urgen dalam proses pembelajaran bahasa Arab yang disesuaikan dengan kurikulum yang sedang berlaku yakni kurikulum 2013 maka seharusnya buku ajar yang digunakan harus memperhatikan hal-hal yang sebaiknya ada dalam buku ajar. Buku Siswa Bahasa Arab Kurikulum 2013 Pendekatan Saintifik untuk Madrasah Aliyah kelas XI pemintan IPA, IPS dan bahasa merupakan salah satu buku pelajaran bahasa Arab yang digunakan pada saat ini. Peneliti tertarik untuk menganalisis kriteria buku dilihat dari segi komponen-komponen buku ajar dan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan buku ajar menurut Abdul Hamid. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dokumentasi-dokumentasi dari data primer dan sekunder. Adapun tehnik analisis data dengan menggunakan analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) buku bahasa Arab sesuai dengan komponen-komponen buku ajar menurut Abdul Hamid. 2) faktor-faktor pengembangan buku ajar dalam buku bahasa Arab ini kriterianya telah sesuai. Kedua hal tersebut menunjukkan bahwa Buku Siswa Bahasa Arab Kurikulum 2013 Pendekatan Saintifik untuk Madrasah Aliyah kelas XI peminatan IPA, IPS dan bahasa telah mencukupi kriteria-kriteria yang sebaiknya terdapat dalam buku ajar dan layak untuk digunakan sebagai buku pedoman dalam pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A.,
Uncontrolled Keywords: analisis buku, bahasa Arab, pendekatan saintifik 2013
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jan 2018 09:49
Last Modified: 05 Jan 2018 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28889

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum