EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KALIGRAFI (KHAT) DI LAB.PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2016/2017

HADI MUHTAROM, NIM. 13420022 (2017) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KALIGRAFI (KHAT) DI LAB.PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KALIGRAFI (KHAT) DI LAB. PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2016/2017)
13420022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KALIGRAFI (KHAT) DI LAB. PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2016/2017)
13420022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kegiatan pembelajaran kaligrafi (khat) di Lab. Pendidikan FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta tingkat keefektifitasan pembelajaran kaligrafi (khat) di Lab. Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pembelajaran kaligrafi (khat) merupakan salah satu program atau divisi resmi dari Lab. Pendidikan FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang menunjang kegiatan akademik mahasiswa selain divisi Sinematografi, Fotografi, Bahasa, Journal Edulab. Divisi-divisi ini diselenggarakan untuk menunjang prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest-posttes design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran kaligrafi (khat) dilaksanakan tiga kali dalam seminggu, yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta cukup berjalan dengan baik efektif. Namun masih terlihat kurang optimal dikarenakan terdapat beberapa hambatan, yaitu: 1) rendahnya minat mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran ini, bahwa pembelajaran penulisan Arab dasar sangatlah diperlukan bagi calon pendidik, 2) dikarenakan divisi ini masih terhitung baru di Lab. Pendidikan maka dari pada itu kurangnya kematangan dan pengalaman dalam mengkonsep berbagai kegiatan, 3) Namun pembelajaran ini juga tidak terlepas dari dukungan-dukungan yang menjadikan pembelajaran ini berjalan dengan baik. Seperti dukungan dari Dekan Fakultas, kepala Lab. Pendidikan, dosen FITK dan juga mahasiwa yang menjadi bagian dari divisi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Asrori Saud, M.SI.
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Pembelajaran kaligrafi (khat)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jan 2018 10:07
Last Modified: 05 Jan 2018 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28891

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum