EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN QAWAID BAHASA ARAB DI MTS PPMI ASSALAM SURAKARTA KELAS VIII

SITI ALIYAH, NIM. 1420411104 (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN QAWAID BAHASA ARAB DI MTS PPMI ASSALAM SURAKARTA KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN QAWAID BAHASA ARAB DI MTS PPMI ASSALAM SURAKARTA KELAS VIII)
1420411104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN QAWAID BAHASA ARAB DI MTS PPMI ASSALAM SURAKARTA KELAS VIII)
1420411104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya pembelajaran qawaid yang dilaksanakan secara konvensional. Karena tanpa kemampuan qawaid yang baik, seseorang akan banyak mengalami kesulitan dan kesalahan dalam menggunakan bahasa Arab baik aktif maupun pasif. Dengan adanya media pembelajaran khususnya media audiovisual maka pemahaman yang disampaikan oleh guru dapat diterima oleh siswa melalui gambaran yang nyata. Siswa mampu melihat struktur, proses maupun skema dari materi pembelajaran dengan indra pengelihatan dan mampu menerima penjelasan guru dengan indra pendengarannya. Dalam tesis ini penulis mencoba menggunakan media audio visual dalam pembelajaran qawaid bahasa Arab di kelas VIII MTs PPMI Assalam Surakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian true-eksperimental dengan pola Post test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purpossive random sampling, dengan kelas VIII D sebagai kelompok Eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang diambil dari hasil post test yang dianalisis dengan metode statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian pembelajaran Qawaid Bahasa Arab dengan Media Audio Visual dalam pelaksanaan pembelajarannya melalui gambar animasi, kitab Durusullughoh Al-Arabiyyah dan video simulasi. Berdasarkan hasil analisa data terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas esksperimen dan kelas kontrol, rata-rata hasil tes yang menggunakan media Audio Visual sebesar 76,93 dan rata-rata hasil tes yang tidak menggunakan media Audio Visual sebesar 72,53. Sedangkan perhitungan dengan program SPSS 21.0 for Window yang menggunakan analisis Uji t untuk sampel yang berasal dari distribusi yang berbeda Independent samples test maupun perhitungan manual, diperoleh t hitung 2,118 t table2,00. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman Qawaid bahasa Arabsiswa kelas VIII di MTs PPMI Assalam. Artinya media Audio Visual dinyatakan efektif dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran Qawaid bahasa Arab (ilm sharaf materi kata Kerja dan kata Ganti) siswa kelas VIII di MTs PPMI Assalam Surakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, MA
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Pembelajaran Qawaid Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Jan 2018 14:09
Last Modified: 05 Jan 2018 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28905

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum