PENGEMBANGAN MEDIA SMART CALLIGRAPHY PUZZLE UNTUK PEMBELAJARAN MUFRODAT PADA SISWA KELAS I SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017

CORRY IVADA, NIM. 13420060 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA SMART CALLIGRAPHY PUZZLE UNTUK PEMBELAJARAN MUFRODAT PADA SISWA KELAS I SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA SMART CALLIGRAPHY PUZZLE UNTUK PEMBELAJARAN MUFRODAT PADA SISWA KELAS I SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017)
13420060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA SMART CALLIGRAPHY PUZZLE UNTUK PEMBELAJARAN MUFRODAT PADA SISWA KELAS I SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017)
13420060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media smart calligraphy puzzle dalam pembelajaran mufrodat dan mengetahui seberapa besar penguruhnya terhadap prestasi pembelajaran mufrodat siswa kelas I SDIT Salsabila 3 Banguntapan . Penelitian ini menggunakan model Research and Development yaitu penelitian pengembangan terhadap media smart calligraphy puzzle dalam pembelajaran mufrodat. Variabel dalam penelitian ini adalah pengembangan media smart calligraphy puzzle dengan penilaian dari ahli materi dan ahli media. Sedangkan variabel yang kedua yaitu adanya peningkatan mufrodat siswa setelah diterapkan media smart calligraphy puzzle pada pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah : observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media smart calligraphy puzzle untuk kelas I semester genap Berdasarkan hasil penilaian menurut ahli media terhadap produk ini mendapatkan skor 61 dari skor tertinggi 70 dan memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase 87,14%. Hasil penilaian dari ahli materi terhadap produk ini mendapat skor 69 dari skor tertinggi 70 dan memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase 98,57%. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba kelompok luas pada siswa kelas IB SDIT Salsabila 3 Banguntapan menunjukkan adanya peningkatan mufrodat siswa dengan rata-rata pada posttest (75,7) lebih besar dari nilai pretest (63). Hasil perhitungan dengan menggunakan uji t bahwa nilai signifikan 0,000 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang sifnifikan antara rata-rata nilai tes sebelum dan setelah penggunaan media smart calligraphy puzzle. Berdasarkan penelitian tersebut, bahwa media smart calligraphy puzzle berpengaruh positif terhadap prestasi pembelajaran mufrodat dan media smart calligraphy puzzle dapat dijadikan sebagai media pembelajaran mufrodat untuk siswa kelas I SDI/MI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. R Umi Baroroh, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, pengembangan, smart calligraphy puzzle.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jan 2018 14:29
Last Modified: 05 Jan 2018 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28906

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum