HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA ANAK PANTI ASUHAN NURUL HAQ BANGUNTAPAN, BANTUL

FARIDA MARIYATUL KIFTIAH, NIM. 12220091 (2017) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA ANAK PANTI ASUHAN NURUL HAQ BANGUNTAPAN, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA ANAK PANTI ASUHAN NURUL HAQ BANGUNTAPAN, BANTUL)
12220091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA ANAK PANTI ASUHAN NURUL HAQ BANGUNTAPAN, BANTUL)
12220091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)

Abstract

FARIDA MARIYATUL KIFTIAH. 12220091. Hubungan antara Religiusitas dengan Motivasi Berprestasi pada Anak Panti Asuhan Nurul Haq Banguntapan, Bantul. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Panti Asuhan merupakan salah satu lembaga yang mengurusi banyak anak yatim-piatu dan dhuafa yang bertujuan meningkatkan dan memberikan pembekalan ilmu dan pengetahuan. Di panti pembekalan yang diberikan berupa keterampilan, pengetahuan tentang agama, pengetahuan sosial, pengetahuan alam, pengetahuan bahasa, serta masih banyak lagi yang lainnya. Pada dasarnya setiap anak diharapkan dapat berprestasi di sekolah maupun luar sekolah. Sering kali prestasi tersebut menjadi suatu perdebatan yang tidak pernah habis dibincangkan, dalam meraih prestasi diperlukan motivasi dalam belajarnya, dan motivasi untuk berprestasi sendiri harus didukung sepenuhnya oleh semua pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dengan motivasi berprestasi pada anak Panti Asuhan Nurul Haq. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara religiusitas dengan motivasi berprestasi anak Panti Asuhan Nurul Haq. Semakin tinggi religiusitas, maka semakin tinggi motivasi berprestasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 36 orang. Anak diambil dengan teknik random sampling sederhana. Metode Pengumpulan data menggunakan skala, dokumentasi dan wawancara. Ada dua skala yang digunakan yaitu skala religiusitas dan skala motivasi berprestasi. Sedangkan analisa data menggunakan analisis korelasi product moment dengan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara religiusitas dengan motivasi berprestasi di Panti Asuhan Nurul Haq sangat signifikan dengan taraf signifikansi P 0,01 dan korelasi positif dengan nilai r hitung yang dihasilkan sebesar 0,656. Hal ini ditunjukkan dalam dimensi peribadatan, seseorang yang terbiasa untuk berpuasa, berdoa dan melaksanakan ibadah lainnya tentunya akan memiliki kerendahan hati yang pada akhirnya mampu untuk mengatur suasana hatinya agar tetap fokus pada motivasinya terhadap prestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Motivasi Berprestasi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jan 2018 10:20
Last Modified: 18 Jan 2018 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29061

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum