HUBUNGAN KEPRIBADIAN BIG FIVE DENGAN PENGUNGKAPAN DIRI SECARA ONLINE PENGGUNA MEDIA SOSIAL

NUR MUTIARA HIKMAH, NIM. 12710029 (2017) HUBUNGAN KEPRIBADIAN BIG FIVE DENGAN PENGUNGKAPAN DIRI SECARA ONLINE PENGGUNA MEDIA SOSIAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEPRIBADIAN BIG FIVE DENGAN PENGUNGKAPAN DIRI SECARA ONLINE PENGGUNA MEDIA SOSIAL)
12710029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEPRIBADIAN BIG FIVE DENGAN PENGUNGKAPAN DIRI SECARA ONLINE PENGGUNA MEDIA SOSIAL)
12710029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

This study is aimed to investigated the relationship between The Big Five Personality with self disclosure among media social users. The sample of this study were 306 adult which is 18-35 years old. To collect data self disclosure scale and The Big Five Personality scale were used. The data was analyzed using multiple regression. The result showed that The Big Five Personality trait which has significant positive relationship with self disclosure was openness to experience with p=0,003 (p=0,05). The effective contribution of openness to experience in self disclosure are 19,3%. However, the other Big Five Personality traits such as extraversion, agreeableness, conscientiousness and neuroticism had no significant. ( INDONESIA ) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian Big Five dengan pengungkapan diri secara online pengguna media sosial. Subjek penelitian ini adalah pengguna aktif media sosial yang berjumlah 306 subjek dengan kisaran umur antara 18-35 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Pengungkapan Diri secara online dan skala kepribadian Big Five. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil dari analisis menunjukkan dari lima dimensi kepribadian big five yang memiliki hubungan positif yang signifikan dengan pengungkapan diri secara online adalah openness to experience dengan nilai p=0,003 (p<0,05) dan besar sumbangan efektif openness to experience terhadap pengungkapan diri secara online adalah 19,3%. Sedangkan dimensi kepribadian lainnya yaitu extraversion, agreeableness, conscientiousness dan neuroticism tidak menunjukkan hubungan yang signifikan dengan pengungkapan diri secara online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sara Palila, S.Psi., M.A., Psi,
Uncontrolled Keywords: Self Disclosure, Big Five Personality, Social Media, Pengungkapan Diri secara Online, Kepribadian Big Five, Media Sosial
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Jan 2018 08:41
Last Modified: 25 Jan 2018 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29138

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum