PENGEMBANGAN MEDIA IPA BERBASIS WEBSITE MATERI FUNGSI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN UNTUK SISWA KELAS V MI/SD

SINGGIH SULTON MUJAHID, NIM. 11480039 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA IPA BERBASIS WEBSITE MATERI FUNGSI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN UNTUK SISWA KELAS V MI/SD. Other thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA IPA BERBASIS WEBSITE MATERI FUNGSI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN UNTUK SISWA KELAS V MI/SD)
11480039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA IPA BERBASIS WEBSITE MATERI FUNGSI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN UNTUK SISWA KELAS V MI/SD)
11480039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan media IPA berbasis website materi fungsi organ tubuh manusia dan hewan, (2) mengetahui kualitas media IPA berbasis website yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian para ahli, dan (3) mengetahui respon siswa kelas V terhadap media yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan. Hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi diperoleh skor total 95 dan termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Adapun hasil penilaian kelayakan oleh ahli media diperoleh skor total sebesar 80 termasuk kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan hasil penilaian kelayakan oleh 2 orang guru diperoleh skor total sebesar 109 dengan rata-rata 54,5 termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB). Adapun skor total hasil penilaian kelayakan oleh dua orang peer reviewer adalah 100 dengan rata-rata 50 termasuk kategori Sangat Baik (SB). Hasil angket respon siswa kelas V MI Yappi Planjan terhadap media yang dikembangkan adalah 94 respom positif dengan persentase 85,45%, termasuk kategori layak karena memenuhi X̅ 75%). Hasil skor total angket respon siswa kelas V SD Negeri Planjan 2 adalah 92 positif dengan persentase sebesar 83,63%, termasuk kategori layak karena memenuhi X̅ 75%.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media IPA, Website, Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Jan 2018 11:05
Last Modified: 25 Jan 2018 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29141

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum