PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE MATERI ASMAUL HUSNA PADA SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 1 BANTUL SKRIPSI

TINTON DWI SANTOSO, NIM. 13410077 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE MATERI ASMAUL HUSNA PADA SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 1 BANTUL SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE MATERI ASMAUL HUSNA PADA SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 1 BANTUL SKRIPSI)
13410077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE MATERI ASMAUL HUSNA PADA SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 1 BANTUL SKRIPSI)
13410077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemajuan teknologi informasi dalam dunia pendidikan yang mendorong profesionalisme guru PAI dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, salah satunya dengan menggunakan media pemebalajaran berbasis komputer. Lectora Inspire sebagai salah satu hasil perkembangan teknologi pendidikan dapat digunakan untuk mengembangkan materi pembelajaran dengan konsep edutainment dengan melibatkan konten multimedia (suara, gambar, dan video) serta dapat dipelajari secara mandiri oleh siswa dengan bantuan komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire materi Asmaul Husna pada siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Bantul dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire materi Asmaul Husna pada siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Bantul Metode penelitian menggunakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model penelitian ADDIE, yaitu lima tahap pengembangan, antara lain (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Pengembangan produk menggunakan Software Lectora Inspire. Data produk berupa data kualitatif yang didapat dari saran dan masukan ahli media, ahli materi dan siswa, dan juga berupa data kuantitatif yang berasal dari penilaian ahli media, ahli materi dan siswa. Data dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) Proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire materi Asmaul Husna, menggunakan model ADDIE yang didalamnya terdapat lima tahap pengembangan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Uji Coba), dan Evaluation (Evaluasi). Dihasilkan media pembelajaran Asmaul Husna berbasis aplikasi Lectora Inspire. (2) Kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire materi Asmaul Husna adalah sebagai berikut: penilaian dari ahli media, mendapatkan rerata skor keseluruhan sebesar 3,02 dengan kategori layak, penilaian ahli materi, mendapatkan rerata skor keseluruhan sebesar 3,41 dengan kategori sangat layak, penilaian uji coba pemakaian I (skala kecil) mendapatkan rerata skor keseluruhan sebesar 3,61 dengan kategori sangat layak, dan penilaian uji coba pemakaian II (skala besar) mendapatkan rerata skor sebesar 3,59 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire materi Asmaul Husna di MTs Negeri 1 Bantul, sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mochammad Fuad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, lectora inspire, asmaul husna
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Feb 2018 10:27
Last Modified: 05 Feb 2018 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29269

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum