IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLĀ’ BAGI PESERTA BIMBINGAN TES MASUK GONTOR ANGKATAN IV OLEH IKPM GONTOR CABANG YOGYAKARTA TAHUN 2017

HANNA RAFIKA SANTY, NIM. 13420006 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLĀ’ BAGI PESERTA BIMBINGAN TES MASUK GONTOR ANGKATAN IV OLEH IKPM GONTOR CABANG YOGYAKARTA TAHUN 2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLĀ’ BAGI PESERTA BIMBINGAN TES MASUK GONTOR ANGKATAN IV OLEH IKPM GONTOR CABANG YOGYAKARTA TAHUN 2017)
13420006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (35MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLĀ’ BAGI PESERTA BIMBINGAN TES MASUK GONTOR ANGKATAN IV OLEH IKPM GONTOR CABANG YOGYAKARTA TAHUN 2017)
13420006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya fenomena dalam keterampilan menulis peserta program Bimbingan Tes Masuk Gontor. Sebagian peserta hanya memiliki keterampilan dalam melafadzkan bahasa Arab, yakni membaca Al- Qur‟an. Sedangkan kemampuan untuk menulis yang menjadi dasar keterampilan berbahasaArab belum terlatih. Sehingga pentingnya pembelajaran imlā’ membutuhkan latihan yang berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran imlā’, mengetahui hasil implementasi pembelajaran imlā’ dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran imlā’ pada program BIMTES Gontor bagi peserta angkatan IV tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar program Bimbingan Tes Masuk Gontor yang diadakan di SMK Budhi Dharma Boarding School (BDBS) Piyungan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teori yang dipakai menggunakan teori pembiasaan klasikal Ivan Pavlov dan teori DealektikaHegel. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kemudian diverifikasi lalu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi proses pembelajaran’ pada imlā’ al-istimā’i dilakukan melalui tahapan-tahapan yaitu meliputi: pendahuluan, inti, penutup. Tahapan tersebut disesuaikan dengan acuan pembelajaran imlā’ bagi calon santri Gontor. Hasil analisis menujukkan bahwasanya pembelajaran imlā’yang diterapkan sudah sesuai dengan teori pembiasaan klasikal Pavlov. (2) Hasil implementasi pembelajaran imlā’ dengan nilai rata-rata peserta kelas B, C, dan D untuk pemerolehan rata-rata komulatif imlā’ pertama hasil rata-rata 7, 60 dan untuk imlā’ kedua 7,20. Hasil kemudian dianalisis menggunakan teori dialektika Hegel(3) Faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran imlā’ bagi peserta Bimbingan Tes Masuk Gontor yaitu: a) Kemampuan Pengajar, b) Waktu pembelajaran yang intensif. Dan adapun faktor penghambat dalam pembelajaran imlā’ yaitu: a) Kesulitan menghadapi perbedaan individu peserta, b) Kemampuan menulis peserta yang masing sangat minim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A,
Uncontrolled Keywords: Imlā’, Bimbingan Tes Masuk Gontor
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Feb 2018 10:59
Last Modified: 20 Feb 2018 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29487

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum