EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN DIRECT METHOD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHĀRAH AL-KALĀM SISWA KELAS XII MAN 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

FAKHRODATUL MASJIDAH, NIM. 13420031 (2017) EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN DIRECT METHOD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHĀRAH AL-KALĀM SISWA KELAS XII MAN 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN DIRECT METHOD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHĀRAH AL-KALĀM SISWA KELAS XII MAN 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018)
13420031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN DIRECT METHOD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHĀRAH AL-KALĀM SISWA KELAS XII MAN 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018)
13420031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya fakta bahwa metode pembelajaran bahasa Arab di MAN 3 Sleman kurang menarik sehingga siswa merasa bosan, dan rendahnya nilai uas khususnya nilai mahārah al-kalām. Oleh karena itu peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran direct method sebagai suatu metode pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode langsung dan dengan tidak menggunakan metode langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasi yang diteliti adalah siswa kelas XII MAN 3 Sleman yang diambil dua kelas yang homegen sebagai sampelnya, yaitu kelas XII MIPA-3 sebagai kelas eksperimen dengan siswa kelas XII IPS-3 sebagai kelas kontrol. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa: Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya hasil peningkatan nilai pre-test dan post-test yang dicapai oleh kelas eksperimen dan kelas kontrol dan dibuktikan dengan hasil analisis peningkatan nilai uji idependent t-test dengan hasil Sig (2-tailed) 0,05 yaitu 0,001 0,05, sesuai dengan pengambilan keputusan Paired Samples T –Test maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan signifikan diantara keduanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M Jafar Shodiq, S.Pd.I, M.SI.,
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, Metode Langsung (Direct Method), Mahārah Al-Kalām
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Feb 2018 14:20
Last Modified: 20 Feb 2018 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum