IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI IPA MAN 4 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ULFAH HASANAH, NIM. 13420040 (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI IPA MAN 4 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI IPA MAN 4 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
13420040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (29MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI IPA MAN 4 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
13420040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas XI IPA MAN 4 Sleman pada mata pelajaran bahasa Arab. Pembelajaran yang monoton dan tidak menarik menyebabkan peserta didik tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga peserta didik belum mencapai nilai yang memuaskan pada hasil belajarnya. Oleh karena itu peneliti mencoba menerapkan strategi pembelajaran Gallery Of Learning dalam pembelajaran bahasa Arab. Dengan strategi ini diharapkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab menggunakan strategi pembelajaran Gallery Of Learning, dan (2) Mengetahui adakah peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan strategi pembelajaran Gallery Of Learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan model desain eksperimen kuasi (Quasi Eksperimen). Objek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Peneliti mengumpulkan data menggunakan teknik tes (pretest dan posttest), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah menggunakan uji “t” melalui program SPSS 16.0 serta uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab diawali dengan guru menjelaskan tentang materi yang akan dipelajari kemudian kelas dibagi menjadi 8 kelompok. Guru menjelaskan tugas kelompok untuk berdiskusi tentang materi masing-masing dan menuliskan hasilnya di kertas dan ditempelkan di atas sponati dan membuat sebuah galeri. Kemudian setiap kelompok berbagi tugas untuk berkeliling galeri mencari tahu materi yang lain dan menjaga galeri untuk menjelaskan isi materi kepada siswa yang berkunjung ke galerinya. Dan kegiatan akhir yaitu refleksi dan menyimpulkan bersama terhadap apa yang telah dipelajari, dan (2) Adanya peningkatan yang tidak signifikan pada hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran Gallery of Learning di kelas XI IPA 1 MAN 4 Sleman. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji “t” yang menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) = 0.195 0.025. Maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan Independent Sample T-Test dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara rata-rata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol namun tidak signifikan. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Gallery of Learning tidak dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan pada mata pelajaran bahasa Arab kelas XI IPA MAN 4 Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, M.M.,
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Gallery Of Learning, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Feb 2018 09:10
Last Modified: 21 Feb 2018 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29500

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum