IMPLEMENTASI MANAJEMEN STATEGIK DALAM PENGEMBANGAN INOVASI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH II TERPADU, MLANGI, NOGOTIRTO, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA

PONIMAN, NIM. 14490009 (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN STATEGIK DALAM PENGEMBANGAN INOVASI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH II TERPADU, MLANGI, NOGOTIRTO, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN STATEGIK DALAM PENGEMBANGAN INOVASI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH II TERPADU, MLANGI, NOGOTIRTO, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA)
14490009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN STATEGIK DALAM PENGEMBANGAN INOVASI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH II TERPADU, MLANGI, NOGOTIRTO, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA)
14490009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Poniman, Implementasi Manajemen Strategik dalam Pengembangan Inovasi Pondok Pesantren Assalafiyyah II Terpadu Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan peneliti untuk mengetahui lebih dalam mengenai proses pengimplementasian manajemen startgeik di Pondok Pesantren Assalafiyyah II Terpadu. Sebagai pondok pesantren yang terletak di Dusun Mlangi ciri khas daerah yang banyak berdiri pondok pesantren yang jumlahnya belasan tersebut memiliki berbagai inovasi dalam pengembangan menjadi pesantren yang terpadu dengan madrasah umum. Sehingga perlunya inovasi yang bisa bersaing dalam meningkatkan mutu dan pengembangan yang lebi relevan dengan tuntutan zaman. Karena lembaga pendidikan Islam seperti pesantren tidak hanya cukup dengan bekal kajian Kitab Kuning dan bahasa arab saja bagi santri, namun skill dan keilmuan umum. Oleh karena itu, strategi apa yang dilakukan para pengurus dan pimpinan Pondok Pesantren Assalafiyyah II Terpadu akan menjadi bahasan utama serta peran kepemimpinan Kiai dalam pesantren. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui nonparticipant observation, in-depth interview dan documentation. Analisis data melalui data reduction, data display, serta memberikan verification. Teknik penentuan validitas dan keabsahan data dengan cara (1) triangulasi teknik dan (2) triangulasi sumber. Fokus penelitian yaitu pengimplementasian manajemen strategik dan strategi dalam pengembangan inovasi di Pondok Pesantren Assalafiyyah II Terpadu, Mlangi, Nogotirto, Sleman, Yogyakarta. Hasil Penelitian menyatakan implementasian manajemen strategik telah dilakukan di Pondok Pesantren Assalafiyyah II Terpadu melalui perumusan visi dan misi, analisis internal dan eksternal, pengimplementasian manajemen strategik, dan evaluasi manajemen strategik. Pengembangan inovasi Pondok Pesantren Assalafiyyah II Terpadu seperti madrasah berbasis alam, manajemen uang saku santri, dan santri wirausaha menjadi strategi dalam meningkatkan mutu dan daya saing pesantren dengan pesantren lainnya khususnya di Dusun Mlangi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin, M.SI
Uncontrolled Keywords: Manajemen strategik, inovasi, pesantren, dan kepemimpinan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Apr 2018 14:43
Last Modified: 09 Apr 2018 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29781

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum