HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGIKUTI BIMBINGAN SENI MUSIK DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MAN 3 BANTUL

NURI WAHYUNINGSIH, NIM. 14220057 (2018) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGIKUTI BIMBINGAN SENI MUSIK DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MAN 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGIKUTI BIMBINGAN SENI MUSIK DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MAN 3 BANTUL)
14220057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGIKUTI BIMBINGAN SENI MUSIK DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MAN 3 BANTUL)
14220057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas mengikuti bimbingan seni musik dengan kecerdasan emosional siswa di MAN 3 Bantul. hipotesis awal dalam penelitian ini yaitu terdapat adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara intensitas mengikuti bimbingan seni musik dengan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Bantul deengan sampel sebanyak 34 siswa yang diambil dari 99 siswa yang mengikuti Bimbingan Seni Musik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Purposive. variabel bebas dalam penelitian ini yaitu intensitas mengikuti bimbingan seni musik. Sedangkan variabel terikatnya adalah kecerdasan emosional. alat pengumpulan data menggunakan skala Likert dengan skala mengikuti bimbingan seni musik dan skala kecerdasan emosional. metode analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis dengan korelasi Pearson’s Product Moment Correlation, yang pengolahannya menggunakan bantuan program SPSS Versi 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0.554 dengan taraf signifikasi 1% menghasilkan nilai signifikasi 0.001 yang menunjukkan hubungan positif yang sangat signifikan antara intensitas mengikuti bimbingan seni musik dengan kecerdasan emosional siswa. Hal tersebut berarti bahwa semakin tinggi intensitas mengikuti bimbingan seni musik maka kecerdasan emosional siswa akan semakin tinggi. Sebaliknya semakin rendah intensitas mengikuti bimbingan seni musik maka kecerdasan emosional siswa akan semakin rendah pula. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. SAID HASAN BASRI, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Intensitas mengikuti bimbingan seni musik, kecerdasan emosional
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Apr 2018 14:01
Last Modified: 27 Jul 2018 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29984

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum