ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI GOJEK MENGGUNAKAN TEORI JACOB NIELSEN

Edita Rizki Listanto Putri, 12651058 (2018) ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI GOJEK MENGGUNAKAN TEORI JACOB NIELSEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI GOJEK MENGGUNAKAN TEORI JACOB NIELSEN)
12651058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI GOJEK MENGGUNAKAN TEORI JACOB NIELSEN)
12651058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan aplikasi di Indonesia semakin meningkat, hal tersebut melatar belakangi munculnya aplikasi yang digunakan oleh perusahaan transportasi. Munculnya aplikasi-aplikasi tersebut membuat terjadinya pro dan kontra di kalangan masyarakat dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai aplikasi tersebut. Hal tersebut mendorong peneliti untuk mencari tahu bagaimana pengalaman pengguna terhadap aplikasi Gojek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat usability aplikasi Gojek, menganalisa user experience aplikasi Gojek dengan pendekatan pada aspek usability, dan menganalisa layanan apa yang paling sering diminati pengguna. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif dengan menggunakan software SPSS 21. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dari pengguna aplikasi Gojek, dimana jumlah sampel yang digunakan sebanyak 48 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tingkat (rate) usability aplikasi Gojek termasuk dalam kategori tinggi, hal tersebut sesuai hasil user exprerience ratarata penilaian terhadap Go-Jek sebesar 4,03, Go-Ride sebesar 3,90, Go-Car sebesar 4,02, dan Go-Food sebesar 4,14. Hasil perhitungan user exprerience pada aspek usability diperoleh bahwa, berdasarkan aspek Learnability nilai tertinggi diperoleh aplikasi Go-Food 4,31, aspek efficiency nilai tertinggi diperoleh aplikasi Go-Food 4,29, aspek memorability nilai tertinggi diperoleh aplikasi Go-Food 4,29, aspek errors nilai tertinggi diperoleh Go-Jek 3,87, dan aspek satisfaction nilai tertinggi diperoleh Go-Car 4,10. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan juga bahwa secara keseluruhan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Mustakim, M.T.
Uncontrolled Keywords: usability, Learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Sep 2018 09:04
Last Modified: 21 Sep 2018 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum