HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM DAN MINAT BACA MAHASISWA FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Yayah Rokayah, NIM.12140064 (2018) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM DAN MINAT BACA MAHASISWA FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM DAN MINAT BACA MAHASISWA FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12140064_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM DAN MINAT BACA MAHASISWA FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12140064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni mengetahui intensitas penggunaan Instagram, mendeskripsikan minat baca Mahasiswa Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan membuktikan ada tidaknya hubungan dari intensitas penggunaan Instagram dan minat baca. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik nopprobability sampling. Teknik nonprobability sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Peneliti menggunakan rumus mean dan grand mean untuk mengetahui intensitas penggunaan media sosial dan minat baca. Kemudian untuk membuktikan hipotesis menggunakan product moment. Hasil yang diperollah dari penelitian ini adalah (1) intensitas penggunaan Instagram di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya tergolong tinggi dengan nilai rata-rata 2,59 (2) minat baca mahasiswa Fakultas Adab dan Ilmu Budaya tergolong rendah dengan nilai ratarata 2,34 (3) uji hipotesis menyatakan bahwa ada hubungan negatif dan signifikan antara intensitas penggunaan Instagram dan minat baca mahasiswa Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan hasil r hitung -0,251 kategori lemah. Ada beberapa saran pada penelitian ini yakni (1) diharapkan pengguna Instagram dapat lebih mengoptimalkan waktu yang ada untuk hal-hal yang bermanfaat ketimbang untuk mengakses Instagram yang dalam hal kontenkonten tertentu yang kurang bermanfaat, (2) harapkan lebih giat lagi untuk membaca hal-hal yang bermanfaat meski jumlah buku bukanlah ukuran namun banyaknya bacaan yang bervariatif akan semakin menambah ilmu pengetahuan dan wawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Anis Masruri, S.Ag, S.IP, M.Si
Uncontrolled Keywords: minat baca, intensitas, instagram
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Nov 2018 11:26
Last Modified: 29 Nov 2018 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31741

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum