HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD IT MUHAMMADIYAH BANDONGAN MAGELANG

Siti Muarofah, NIM.14140025 (2018) HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD IT MUHAMMADIYAH BANDONGAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD IT MUHAMMADIYAH BANDONGAN MAGELANG)
14140025_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD IT MUHAMMADIYAH BANDONGAN MAGELANG)
14140025_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran berbasis perpustakaan dengan prestasi belajar siswa di SD IT Muhammadiyah Bandongan Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripstif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SD IT Muhammadiyah Bandongan. Teknik pengambilan sampling menggunakan cluster sampling yang kemudian diketahui daerah sampelnya yaitu seluruh kelas V. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 Siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala pengukuran skala likert. Analisis data menggunakan korelasi product moment dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sebagai tempat rekreasi oleh SD IT Muhammadiyah Bandongan secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik, terbukti nilai grand mean sebesar 3.59 dan tidak terdapat hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi yaitu 0.026. Oleh karena nilai t hitung dengan t tabel (0.235) lebih kecil, maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Mengacu dari hasil penelitian tersebut maka, peneliti mengajukan saran yaitu diharapkan dari pihak sekolah lebih meningkatkan kualitas perpustakaan agar dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah, Prestasi Belajar
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Nov 2018 12:10
Last Modified: 29 Nov 2018 12:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31746

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum