IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS IV SDIT AS SALAMAH BATURETNO WONOGIRI

ARUM SARI WINANTI, NIM. 13480125 (2018) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS IV SDIT AS SALAMAH BATURETNO WONOGIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS IV SDIT AS SALAMAH BATURETNO WONOGIRI)
13480125_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS IV SDIT AS SALAMAH BATURETNO WONOGIRI)
13480125_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Arum Sari Winanti, "Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Kelas IV SDIT As Salamah Baturetno Wonogiri". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Mengingat sangat pentingnya Al-Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi umat Islam, maka umat Islam harus mampu membaca dan memahami Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan kaidah atau aturan dalam membacanya. Sehingga membuat SDIT As Salamah Baturetno Wonogiri menggunakan metode Ummi. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan implementasi metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV di SDIT As Salamah Baturetno Wonogiri, (2) Menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi di kelas IV SDIT As Salamah Baturetno Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Dengan mengambil tempat di SDIT As Salamah Baturetno Wonogiri. Subjek penelitian: Kepala Sekolah, Guru Ummi pengampu metode Ummi dan siswa kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasif, wawancara mendalam, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Implementasi pembelajaran membaca Al-Qur’an di kelas IV SDIT As Salamah Baturetno Wonogiri menggunakan metode Ummi yang melewati beberapa tahapan pembelajaran antara lain: tahapan perencanaan yang menjelaskan mengenai kegiatan yang dilakukan sebelum pelaksanaan pembelajaran; tahap pelakasanan yang menjelaskan mengenai tata cara pengajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi secara rinci dan tahap evaluasi yang menjelaskan mengenai tindakan lanjutan di dalam mengukur kemampuan siswa di dalam membaca Al-Qur’an (2) Adapun faktor pendukung pada pembelajaran AL-Qur’an menggunakan metode Ummi meliputi: kepedulian orang tua, terjalin komunikasi yang baik, manajemen yang baik, sertifikasi guru Ummi, tahapan yang baik dan benar, target yang jelas dan terukur, waktu memadai, pengendalian mutu yang intensif, dan adanya rapor penilaian. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi kinerja koordinator Ummi yang belum maksimal, rasio guru dan siswa yang belum proporsional dan kekurangan guru Ummi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nur Hidayat, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Membaca AL-Qur’an, Metode Ummi, SDIT As Salamah Baturetno Wonogiri.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Dec 2018 08:47
Last Modified: 04 Dec 2018 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31794

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum