UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI ACTIVE LEARNING METODE INDEX CARD MATCH KELAS V SD MUHAMMADIYAH DOMBAN 1 TEMPEL SLEMAN

APRILIA TRI LESTARI, NIM. 14480040 (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI ACTIVE LEARNING METODE INDEX CARD MATCH KELAS V SD MUHAMMADIYAH DOMBAN 1 TEMPEL SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI ACTIVE LEARNING METODE INDEX CARD MATCH KELAS V SD MUHAMMADIYAH DOMBAN 1 TEMPEL SLEMAN)
14480040_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (26MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI ACTIVE LEARNING METODE INDEX CARD MATCH KELAS V SD MUHAMMADIYAH DOMBAN 1 TEMPEL SLEMAN)
14480040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Aprilia Tri Lestari, "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Active Learning Metode Index Card Match Kelas V SD Muhammadiyah Domban I Tempel Sleman". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Di SD Muhammadiyah Domban I dalam proses kegiatan belajar IPS belum melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan metode index card match. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hasil belajar IPS dengan penerapan metode index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Domban 1 Tempel Sleman, (2) Untuk mengetahui peningkatan model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar IPS di SD Muhammadiyah Domban 1 Tempel Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,dan tes dianalisis dengan rata-rata dan persentase ketuntasan, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi proses kegiatan belajar serta dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui mata pelajaran IPS.Melalui penggunaan active learning tipe index card match pada siswa kelas V dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Hal tersebut, dapat dilihat dari hasil nilai IPS siswa pada pra siklus yaitu dengan nilai rata-rata 61,37, kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 70,17 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 84,48.Persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat setelah dilakukan tindakan yaitu terbukti pada pra siklus ketuntasan belajar siswa 13,79% sedangkan setelah dilakukan tindakan pada siklus I menjadi 48,27% dan pada siklus II adalah 86,20%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sedya Santosa, SS, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: PTK, Hasil Belajar, Index Card March, IPS
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Dec 2018 11:14
Last Modified: 04 Dec 2018 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31816

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum