PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, CORPORATE GOVERNANCE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TAX AVOIDANCE (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2012-2016)

FAHMI YAHYA, NIM. 14820091 (2018) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, CORPORATE GOVERNANCE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TAX AVOIDANCE (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2012-2016). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, CORPORATE GOVERNANCE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TAX AVOIDANCE (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2012-2016))
14820091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, CORPORATE GOVERNANCE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TAX AVOIDANCE (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2012-2016))
14820091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pajak merupakan kontribusi utama dalam penerimaan negara yang selanjutnya akan digunakan untuk pembiayaan dan pembangunan nasional. Namun tingkat kepatuhan wajib pajak terhadap pajaknya saat ini masih rendah. Terdapat penyimpangan yang dilakukan wajib pajak dalam mengurangi pajaknya, agar tidak memperoleh pajak yang tinggi. Salah satunya dengan melakukan tax avoidance. Penghindaran pajak (tax avoidance) adalah proses pengendalian tindakan agar terhindar dari konsekuensi pengenaan pajak yang tidak dikehendaki dan merupakan tindakan yang legal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh profitabilitas, leverage, corporate governance, dan ukuran perusahaan terhadap tax avoidance. Peneliti mengambil studi kasus pada perusahaan yang tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2012 sampai 2016. Sampel yang didapat berjumlah 65 sampel yang terdiri 13 perusahaan. Regresi yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel, di mana terpilih Fixed Effect sebagai model regresi yang tepat. Dalam regresi ini, diperoleh hasil bahwa profitabilitas yang diukur dengan ROA dan ukuran perusahaan yang diukur dengan total aset berpengaruh negatif signifikan terhadap tax avoidance, dan leverage yang diukur dengan DER berpengaruh positif signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan corporate governance yang diukur dengan komisaris independen dan komite audit tidak berpengaruh terhadap tax avoidance.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sunarsih, S.E., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Tax Avoidance, Profitabilitas, Leverage, Corporate Governance, Ukuran Perusahaan
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Dec 2018 14:46
Last Modified: 05 Dec 2018 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31851

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum