AUTENTIKASI IDENTITAS DIGITAL MENGGUNAKAN GRUP MATRIKS POLINOMIAL ATAS LAPANGAN BERHINGGA

NUNUNG INAYAH, NIM. 13610054 (2018) AUTENTIKASI IDENTITAS DIGITAL MENGGUNAKAN GRUP MATRIKS POLINOMIAL ATAS LAPANGAN BERHINGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AUTENTIKASI IDENTITAS DIGITAL MENGGUNAKAN GRUP MATRIKS POLINOMIAL ATAS LAPANGAN BERHINGGA)
13610054_BAB I_V ATAU_DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AUTENTIKASI IDENTITAS DIGITAL MENGGUNAKAN GRUP MATRIKS POLINOMIAL ATAS LAPANGAN BERHINGGA)
13610054_BAB II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Autentikasi merupakan proses verifikasi pengirim informasi dengan tujuan untuk menguji keabsahan atau keaslian pengirim informasi. Semakin banyaknya pengguna jalur komunikasi umum yang tidak aman, penggunaan autentikasi menjadi penting yaitu sebagai sarana untuk mencegah terjadinya suatu aksi penyamaran identitas atas nama orang lain. Protokol autentikasi dapat dimodivikasi dari suatu protokol perjanjian kunci, yaitu skema yang digunakan untuk menyepakai kunci rahasia yang sama oleh pihak-pihak pengguna jalur komunikasi umum tanpa harus bertemu secara langsung. Protokol perjanjian kunci yang secara luas dikenal adalah protokol perjanjian kunci Diffie-Hellman yang keamanannya diletakan pada kesulitannya dalam memecahkan masalah logaritma diskrit pada suatu grup komutatif berupa grup siklik. Saat ini, protokol perjanjian kunci Diffie-Hellman sudah banyak dikembangkan dengan memanfaatkan struktur aljabar non-komutatif. Himpunan matriks invertibel berorde n _ n dengan entri-entri elemen dari GF(pm), yaitu GLn(GF(pm)) merupakan grup non-komutatif terhadap operasi pergandaan. Cara mengkontruksi lapangan berhingga GF(pm) bisa dengan menggunakan pendekatan ring faktor oleh suatu ideal maksimal. Diberikan lapangan F, maka dapat dibentuk suatu ring polinomial F[x]. Misalkan f(x) merupakan polinomial irredusibel berderajat m di F[x], maka ring faktor F[x]=hf(x)i yang terbentuk merupakan lapangan berhingga berorde pm, dinotasikan dengan GF(pm). Penelitian ini memaparkan tentang autentikasi identitas digital yang dimodivikasi dari suatu protokol perjanjian kunci atas grup non-komutatif. Grup nonkomutatif yang digunakan berupa grup matriks polinomial atas lapangan berhingga GLn(GF(pm)). Tingkat keamanannya didasarkan pada permasalahan konjugasi dalam menyembunyikan subgrup komutatif dari GLn(GF(pm)). Perhitungan autentikasi identitas digital menggunakan grup matriks polinomial atas lapangan berhingga diuji coba menggunakan software MAPLE 18 dengan memilih grup matriksnya berupa GL3(GF(24)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Khurul Wardati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Protokol perjanjian kunci, Diffie-Hellman, autentikasi, grup non-komutatif, lapangan Galois , grup matriks polinomial
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Dec 2018 14:41
Last Modified: 26 Dec 2018 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32121

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum