EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INSYĀ’ (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Ummah Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018)

Muhammad Ulil Abror, NIM. 13420039 (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INSYĀ’ (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Ummah Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INSYĀ’ (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Ummah Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018))
13420039_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB)
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INSYĀ’ (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Ummah Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018))
13420039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (431kB)

Abstract

Muhammad Ulil Abror 13420039 “Efektivitas Pembelajaran di Luar Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Insyā’ (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Ummah Tahun Ajaran 2017/2018)”. Skripsi Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran di luar kelas dalam meningkatkan kemampuan insyā’ pada peserta didik kelas VIII MTs Nurul Ummah Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan peneliti adalah Eksperimen dengan Quasi Experimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Group. Sampel penelitian adalah VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII B sebagai kelas eksperimen, dipilih menggunakan Cluster Random Sampling. Alat pengumpul data berupa lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Independent T-test dan U Mann-Whitney dengan software JASP 0.8.6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran di Luar Kelas yang telah dilakukan berlangsung dengan lancar, diawali dengan peserta didik mengerjakan pretest di dalam kelas kemudian peneliti menginstruksikan untuk berkeliling sekolah sembari menulis kosakata yang didapat dari mengamati lingkungan sekolah dan dilanjutkan dengan pemberian materi pembelajaran tentang insyā’ hingga pada akhirnya peserta didik mengerjakan posttest dan penutup; 2) Ada perbedaan yang signifikan hasil pembelajaran di luar kelas dalam meningkatkan kemampuan insyā’ siswa kelas VIII MTs Nurul Ummah Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 antara kelas eksperimen dan kontrol; 3) Efektivitas pembelajaran di luar kelas dalam meningkatkan kemampuan insyā’ siswa kelas VIII MTs Nurul Ummah Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 dinyatakan sangat efektif dengan rata-rata nilai akhir 86,4. Kata kunci: Efektivitas, Pembelajaran di Luar Kelas, Kemampuan Insyā’

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran di Luar Kelas, Kemampuan Insyā’
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jan 2019 07:51
Last Modified: 02 Jan 2019 07:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32158

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum