EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN EDUKATIF BAHASA ARAB TIPE“TUSUK GRAMATIKA”DALAM PEMBELAJARAN QAWAID DI KELAS XI MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Indana Zulfi Nurul Hikmah, NIM: 14420017 (2018) EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN EDUKATIF BAHASA ARAB TIPE“TUSUK GRAMATIKA”DALAM PEMBELAJARAN QAWAID DI KELAS XI MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN EDUKATIF BAHASA ARAB TIPE“TUSUK GRAMATIKA”DALAM PEMBELAJARAN QAWAID DI KELAS XI MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN EDUKATIF BAHASA ARAB TIPE“TUSUK GRAMATIKA”DALAM PEMBELAJARAN QAWAID DI KELAS XI MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Indana Zulfi Nurul Hikmah. 14420017. Efektivitas Media Permainan Edukatif Bahasa Arab Tipe “Tusuk Gramatika” dalam Pembelajaran a a i di Kelas XI MAN 4 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana pembelajaran a a i melalui media permainan edukatif bahasa Arab tipe “tusuk gramatika”. (2) Mengetahui efektivitas penggunaan media permainan edukatif bahasa Arab dalam pembelajaran a a i . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Objek penelitian adalah kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan XI IPA 2 (kelas kontrol). Dalam rangka mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah dengan melakukan uji-t melalui program SPSS 16.0 serta uji normalitas dan uji homogenitas sebagai prasyarat. Hasil analis menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan antara rata-rata nilai pretest dan posttest yaitu 58.65625 menjadi 81.875 dan hasil belajar kelas kontrol mengalami peningkatan antara ratarata nilai pretest dan posttest yaitu 64 menjadi 74.3. Hal ini menunjukkan bahwa ratarata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol. (2) Media permainan edukatif bahasa Arab tipe tusuk gramatika dikatakan efektif dalam pembelajaran a a i di kelas XI MAN 4 Bantul. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis data melalui uji-T jenis Paired Sample TTest dengan signifikansi 0.000 < 0.05, sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan signifikan di antara keduanya yaitu H0 ditolak. Kata Kunci: Media, Permainan Edukatif, Tusuk Gramatika, Pembelajaran, a āid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Media, Permainan Edukatif, Tusuk Gramatika, Pembelajaran, a āid.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jan 2019 10:17
Last Modified: 02 Jan 2019 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32165

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum