ROHIMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018

ROHMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) ROHIMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ROHIMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview
[img] Text (ROHIMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420037_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di Indonesia terdapat banyak problematika. Penyelesaian problem dalam pembelajaran bahasa Arab belum mencapai tingkat keberhasilan. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, salah satunya yaitu persoalan pendekatan pembelajaran yang diterapkan. Pendekatan brain bassed learning adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam maharah al-kalam sehingga mampu meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berbicara bahasa Arab antara kelas eksperimen yang diterapkan pendekatan brain based learning dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya maharah al-kalam dengan kelas kontrol yang tidak diterapkan pendekatan brain based learning di kelas VII MTs Ibnul Qoyyim Putri. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya dengan metode penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Jumlah sample penelitian ini sebanyak 48 siswa, dengan terdistribusi rata antara jumlah siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu sejumlah 24 siswa untuk masing-masing kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji “t” nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 (Ha diterima) yang artinya terdapat perbedaan hasil kemampuan maharah al-kalam antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah adanya penerapan pendekatan brain based learning dan tidak diterapkannya pendekatan brain based learning. Selain itu nilai rata-rata posttest untuk kelas eksperimen menunjukkan adanya peningkatan hasil kemampuan berbicara siswa lebih tinggi, yaitu sebesar 80. Sedangkan kelas kontrol sebesar 75,16. Dari nilai rata-rata posttest tersebut, kelas eksperimen menunjukkan hasil rata-rata yang lebih tinggi yaitu sebesar 11,54. Sedangkan kelas kontrol hanya memperoleh hasil nilai rata-rata peningkatan sebesar 2,83. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan brain based learning dapat meningkatkan kemapuan berbicara bahasa Arab. Kata kunci: maharah al-kalam, pendekatan brain based learning, MTs Ibnul Qoyyim Putri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Abdul Munip, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: maharah al-kalam, pendekatan brain based learning, MTs Ibnul Qoyyim Putri
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jan 2019 14:05
Last Modified: 03 Jan 2019 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32195

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum