SKRIPSI OPTIMASI PERANCANGAN PERODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS DI PT.BHAKTI NUSA BAHTERA KAB.BANTUL )

MUHAMMAD TARMIZI, NIM. 13660009 (2018) SKRIPSI OPTIMASI PERANCANGAN PERODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS DI PT.BHAKTI NUSA BAHTERA KAB.BANTUL ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI OPTIMASI PERANCANGAN PERODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS DI PT.BHAKTI NUSA BAHTERA KAB.BANTUL ))
13660009_BAB-I_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI OPTIMASI PERANCANGAN PERODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS DI PT.BHAKTI NUSA BAHTERA KAB.BANTUL ))
13660009_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pt.Bhakti Nusa Bahtera adalah perusahan yang memproduksi ice pack.. Dalam hal ini penelitian bertujuan memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan biaya bahan baku dan juga dapat menentukan kapasitas yang harus diproduksi dengan menggunkan metode goal programming pada jeni produk Ultra cool regular, lekuk dan jumbo, Model yang terbentuk yaitu minimasi deviasi dari kedua kendala tersebut. Hasil perhitungan menggunakan software Lingo. Diproleh hasil nilai d = 0 yang berarti tujuan memaksimalkan keuntungan dan minimasi biaya bahan baku tercapai dan optimal dengan memprodusi Regular 1711pcs, Lekuk 470 dan Jumbo sebanyak 547pcs, dan diketahui keuntungan rill perusahaan sebesar Rp.20.663.324,- sedangkan dengan model goal Programming memproleh keuntungan Rp.21.819.209, dari hasil tersebut terlihat artiya memaksimumkan keuntungan tercapai ditandai dengan nilai deviasi yang kelebihan terhdap fungsi tujuan dari hasil rill perusahaan. Dan untuk fungsi tujuan kedua minimasi biaya bahan baku yang di ketahui bahwa biaya bahan baku yang digunkan perusahaan sebesar Rp43.075.000,- dengan menggunakan metode goal programming menghasilkan biaya bahan baku sebesar Rp23.776.360,-

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Husana Ainu Syukri, M.T.
Uncontrolled Keywords: Perancangan produksi, Optimisasi, Goal Programming
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2019 10:53
Last Modified: 09 Jan 2019 10:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32328

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum