EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER MULTIMEDIA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA

MAR’AT UL A MANA H, NIM: 14490024 (2018) EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER MULTIMEDIA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER MULTIMEDIA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA)
14490024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER MULTIMEDIA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA)
14490024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mar‟atul Amanah, Evaluasi Program Ekstrakurikuler Multimedia sebagai Penunjang Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD Muhammadiyah Condongcatur, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap program kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program kegiatan ekstrakurikuler multimedia di SD Muhammadiyah Condongcatur yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Disamping itu, penelitian ini juga menganalisis faktor penghambat dan pendukung kegiatan ekstrakurikuler multimedia tersebut sebagai penunjang pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SD Muhammadiyah Condongcatur, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara triangulasi data, sumber dan teknik serta dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi program ekstrakurikuler Multimedia di SD Muhammadiyah Condongcatur adalah: (a) Perencanaan, program yang direncanakan meliputi Visi dan misi, Tata tertib laboratorium komputer, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Rapat koordinator masing- masing ekstrakurikuler per semester dan Mengumpulkan data hasil karya siswa. (b) Pelaksanaan, proses pembelajaran secara langsung yang meliputi, Waktu pelaksanaan, Materi, Kurikulum, Guru dan Keterlibatan peserta didik. (c) Evaluasi, menilai hasil karya siswa melalui e-learning. (d) Hasil pelaksanaan ekstrakurikuler multimedia, hasil pembelajaran ekstrakurikuler multimedia dan muatan lokal TIK cukup bagus, terbukti dengan nilai rata- rata 80-88. (e) Evaluasi program ekstrakurikuler multimedia di SD Muhammadiyah Condongcatur menggunakan model countenance yang terdiri dari antecedents/ masukan, transaction/ proses dan outcome/ hasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Miftahus Sa‟adah, S.Pd.I, M.Ed.,
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Multimedia, Evaluasi Program, Penunjang Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, Sekolah Dasar
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Jan 2019 11:14
Last Modified: 23 Jan 2019 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32648

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum