UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI SCIENTIFIC LEARNING DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANTUL YOGYAKARTA

MAHRUS, NIM. 14490078 (2018) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI SCIENTIFIC LEARNING DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI SCIENTIFIC LEARNING DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANTUL YOGYAKARTA)
14490078_BAB-_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI SCIENTIFIC LEARNING DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANTUL YOGYAKARTA)
14490078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitianini bermula dari hasil informasi yang terdapat di SDMuhammadiyah Karangbendo, bahwa lembaga ini telah melaksanakan model pembelajaran ilmiah (scientific learning), namun berdasarkan hasil informasitersebut masih ada peserta didik yang sulit mencerna mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS, makadari itu peneliti ingin melihat lebih jelas tentang upaya guru SD Muhammadiyah Karangbendo dalam memotivasi siswa melalui scientific learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil data di SD Muhammadiyah Karangbendo Bantul Yogyakarta. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data dengan mereduksi data, mengolah data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara tringulasi sumber dan teknik yang sesuai dengan landasan teori dalam menganalisis data. Penelitian ini mendapatkan tiga temuan, tiga temuan tersebut yaitu:1). Upaya memotivasi peserta didik yang dilakukan oleh guru SD Muhammadiyah Karangbendo, hampir sama dengan konsep yang ditawarkan oleh Franch dan Revan, denganbeberapa pengembangan. Pengembangan tersebutdilakukan dengan mendesain proses belajar- mengajar yang bervariasi, membuat game berbentuk kelompok atau individu, menyapa peserta didik yang mulai merasa lelah, memberikan nasihat dengan bahasa modern yaitu menggunakan bahasa yang sesuai dengan bahasa peserta didik. 2). Metode yang digunakan oleh guru SD Muhammadiyah Karangbendo cukup bervariasi.Metode tersebut, misalnya dilakukan dengan membentuk kelompok-kelompok kecil untuk saling bekerjasama dalam memecahkan masalah(cooperative learning),menyiapkan siswa untuk melakukan eksperimen dalam menyelesaikan masalah(inquiry learning), metodediskusi,meniru, mencoba, ceramah, demonstrasi. 3). Hasil belajar peserta didik sudah cukup baik, karena peserta didik sudah mampu berkarya secara mandiri, berkomunikasi dengan baik,dan nilai akhir belajar peserta didik sudah berada di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Wiji Hidayati , M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Motivasi Belajar, dan Scientific Learning
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Jan 2019 15:45
Last Modified: 24 Jan 2019 15:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32733

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum