PEMODELAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) UNTUK MENGOPTIMALKAN RUTE DISTRIBUSI PRODUK HALAL DAN NON HALAL

Rianna Rosdiahti, NIM. 14660021 (2018) PEMODELAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) UNTUK MENGOPTIMALKAN RUTE DISTRIBUSI PRODUK HALAL DAN NON HALAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMODELAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) UNTUK MENGOPTIMALKAN RUTE DISTRIBUSI PRODUK HALAL DAN NON HALAL)
14660021_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMODELAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) UNTUK MENGOPTIMALKAN RUTE DISTRIBUSI PRODUK HALAL DAN NON HALAL)
14660021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Capacitated Vehicle Routing Problem merupakan masalah penentuan rute kendaraan untuk melayani sejumlah konsumen dengan keterbatasan kapasitas muatan kendaraan. Penelitian ini mengembangkan model CVRP untuk menyelesaikan permasalahan distribusi halal dimana dalam pengiriman produk halal dan produk non halal tidak boleh diletakkan pada kendaraan yang sama. Kendaraan halal mengirimkan produk halal dari gudang ke retailer dan kembali lagi ke gudang, sedangkan kendaraan non halal mengirimkan produk non halal dari gudang ke retailer dan kembali lagi ke gudang. Model CVRP ini bertujuan untuk mengoptimalkan biaya distribusi produk halal dan non halal dengan memperhatikan rute kendaraan halal dan kendaraan non halal. Model CVRP untuk distribusi produk halal dan non halal yang terbentuk dilakukan validasi dengan melakukan penelitian numerik menggunakan software IBM ILOG CPLEX versi 12.8.0 dengan tiga jenis kelompok data dengan variasi jumlah retailer yang dikunjungi oleh kendaraan halal dan kendaraan non halal. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa model CVRP untuk distribusi produk halal dan non halal dapat diselesesaikan dengan menggunakan software IBM ILOG CPLEX versi 12.8.0 untuk jenis kelompok data kecil (5 dan 8 retailer) dan sedang (13 retailer). Pada kelompok data kecil 5 retailer diketahui biaya distribusi yang digunakan sebesar Rp 133.500 dengan menggunakan 1 kendaraan halal dan 1 kendaraan non halal. Pada kelompok data kecil 8 retailer diketahui biaya distribusi yang digunakan sebesar Rp 198.130 dengan menggunakan 2 kendaraan halal dan 2 kendaraan non halal. Pada kelompok data sedang 13 retailer diketahui biaya distribusi yang digunakan sebesar Rp 261.000 dengan menggunakan 2 kendaraan halal dan 2 kendaraan non halal. Sedangkan untuk kelompok data sedang 17 retailer dan kelompok data besar 24 dan 27 retailer belum dapat diselesaikan dengan menggunakan software IBM ILOG CPLEX versi 12.8.0 dikarenakan input data dan jumlah kendala yang perintahkan terlalu besar sehingga diperlukan adanya penambahan metode heuristik ataupun metaheuristik untuk menyelesaikan keterbatasan software yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Agustina Kurniawati, S.T, M. Eng, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: CVRP, distribusi halal, kendaraan halal, kendaraan non halal, ibm ilog cplex.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Feb 2019 09:11
Last Modified: 06 Feb 2019 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32910

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum