PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) DALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK DI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA

ELSADILA DHINI HAA, NIM. 1420410124 (2018) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) DALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK DI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) DALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK DI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA)
1420410124_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) DALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK DI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA)
1420410124_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
1420410124_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1420410124_BAB-II_III.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang masalah pendidikan dan pengajaran yang berkenaan dengan al-Quran khususnya tentang penafsiran atau pemahaman al-Qur'an seringkali menitik-beratkan pada hafalan, contoh-contoh ataupun kiasan yang terkadang dengan bahasa yang kaku tidak menyentuh hati. Pembelajar atau penuntut ilmu sering mendapati bahwa al-Qur’an adalah kitab sakral yang hanya berisikan peraturan-peraturan hidup manusia yang berisi perintah, larangan, surga dan neraka. Kepala para penuntut ilmu sudah terpenuhi dengan gambaran yang kurang menarik tentang al-Qur’an sehingga tidak ada ketertarikan yang kuat pada diri mereka untuk mempelajari al-Qur’an. Penelitian ditujukan ke SMA Internasional Budi Mulia Dua memiliki model pembelajaran yang memberi keleluasaan kepada siswa dalam mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan potensi yang mereka miliki. Peneliti melihat dengan adanya delapan basis pembelajaran yang telah disebutkan di atas, menghasilkan metode pembelajaran belajar aktif dalam menjalankan ketetapan kurikulumnya. Peneliti memusatkan perhatian kepada bagaimana guru pengampu mata pelajaran Universalisme Islam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dalam menyampaikan materi yang terdiri dari Tafsir al-Qur’an. Strategi belajar aktif atau active learning strategy atau strategi belajar aktif merupakan metode pembelajaran yang mengajak siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Beberapa prinsip dalam metode belajar ini: (1) prinsip motivasi, (2) prinsip konteks, (3) prinsip fokus tertentu. (4) keterlibatan langsung atau lapangan, (5) prinsip pengulangan, (6) prinsip hubungan sosial dan sosialisasi, (7) prinsp penguatan dan (8) prinsip pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tafsir Qur’an tematik diajarkan dengan metode ceramah setiap pagi sebelum pelajaran pagi dimulai dengan durasi 30 menit. Penerapan belajar aktif dari materi tafsir Qur’an tersebut dilaksanakan sepanjang tahun pembelajaran secara berkesinambungan dengan tujuan penanaman agama sebagai praktek dalam bermacam kegiatan di dalam lingkungan sekolah seperti disiplin sholat, kebersihan lingkungan, kemandirian makan, dan diluar sekolah seperti magang sosial, penjelajahan Candi Cetho, pembagian sedekah, bantuan sosial, hewan qurban dan kegiatan bentuk lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ahmad Rafiq, Ph. D.
Uncontrolled Keywords: strategi belajar aktif (active learning strategy), tafsir al-Qur’an tematik, SMA Internasional Budi Mulia Dua dan agama sebagai praktek
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Feb 2019 08:46
Last Modified: 11 Feb 2019 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33026

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum