HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS XI MAN 2 YOGYAKARTA

CHAIRUL ANAS, NIM.14410001 (2018) HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS XI MAN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS XI MAN 2 YOGYAKARTA)
14410001_BAB-1_IV-ATAU V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS XI MAN 2 YOGYAKARTA)
14410001_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini kecerdasan siswa kelas XI di MAN 2 Yogyakarta rendah, sehingga menyebabkan kurangnya kepekaan sosial antar sesama siswa di lingkungan sekolah.sehingga banyak siswa berat tangan, enggan membantu temannya yang sedang kesulitan, memiliki sifat tidak peduli terhadap lingkungan sekitar. Dan Pembelajaran akidah akhlak diharapkan menjadi solusi dalam permasalahan kecerdasan interpersonal ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penerapan pendekatan pembelajaran akidah akhlak dan untuk menjawab apakah ada hubungan x-y. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Yogyakarta yang terdiri dari jurusan IPA,IPS, Bahasa dan Agama dengan jumlah populasi sebanyak 240 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dan menentukan jumlah sampel dengan menggunakan rumus metode Slovin diperoleh jumlah sampel sebanyak 105 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskriptif dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hubungan penerapan pembelajaran akidah akhlak dalam kategori “efektif”, pada kelompok interval 47 – 53 dengan presentase 41.9%. 2) kecerdasan interpersonal siswa kelas XI MAN 2 Yogyakarta berada pada tingkat kategori “sedang” pada kelompok interval 88 – 96 dengan presentase 41.0%. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Penerapan Pendekatan pembelajaran Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas XI Man 2 Yogyakarta ditandai oleh koefisien korelasi rxy = 0,236 dengan p = 0.008.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran akidah akhlak, Kecerdasan Interpersonal
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Feb 2019 13:41
Last Modified: 14 Feb 2019 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33176

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum