PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 KALASAN

Izzul Wafa, NIM. 11680025 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 KALASAN)
11680025_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 KALASAN)
11680025_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap minat dan hasil belajar biologi pada aspek kognitif materi pokok sistem ekskresi siswa kelas VIII di SMP N 3 Kalasan. Penelitian ini termasuk penelitian True experiment dengan desain penelitian pretest postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yang diambil secara random (acak), yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen, VIII D sebagai kontrol (konvensional). Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket dan lembar soal test. Teknik analisis data menggunakan dengan uji one way Annova. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar biologi. Hasil perhitungan menunjukkan nilai signifikan 0,000 > 0,05 (taraf signifikan (α 5%), maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap minat belajar siswa. (2) Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) tidak berpengaruh terhadap hasil belajar biologi. Hasil perhitungan menunjukkan nilai signifikan 0,816 < 0,05 (taraf signifikan (α 5%), maka H0 diterima dan Ha ditolak, artinya kedua kelas tersebut tidak berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar daripada model konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning, Tipe STAD, sistem ekskresi, minat dan hasil belajar biolo
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Feb 2019 09:50
Last Modified: 16 Feb 2019 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33231

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum