STRATEGI REDAKSI KORAN ONLINE SOROTGUNUNGKIDUL.COM DALAM MENARIK MINAT PEMBACA MELALUI RUBRIK GEMA RAMADHAN 1437 H

Ervan Bambang Dermanto, NIM. 12210127 (2018) STRATEGI REDAKSI KORAN ONLINE SOROTGUNUNGKIDUL.COM DALAM MENARIK MINAT PEMBACA MELALUI RUBRIK GEMA RAMADHAN 1437 H. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI REDAKSI KORAN ONLINE SOROTGUNUNGKIDUL.COM DALAM MENARIK MINAT PEMBACA MELALUI RUBRIK GEMA RAMADHAN 1437 H)
12210127_BAB-I_IV _ DAFTAR - PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI REDAKSI KORAN ONLINE SOROTGUNUNGKIDUL.COM DALAM MENARIK MINAT PEMBACA MELALUI RUBRIK GEMA RAMADHAN 1437 H)
12210127_ BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Keberhasilan suatu redaksi media online dalam membuat rubric berkualitas, sangat ditentukan oleh manajemen yang dilakukan. Manajemen tim kerja, redaksi, serta pengaturan keuangan yang baik akan mampu mendukung terbentuknya suatu media online yang kuat dan besar. Salah satu media online yang menjadi rujukan masyarakat, khususnya di Gunungkidul ialah sorotgunungkidul.com. Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi seluruh umat muslim di dunia. Media online harus menyadari bahwa mayoritas penduduk Gunungkidul khususnya adalah mayoritas beragama muslim. Penting bagi media online menyajikan berita yang berhubungan dengan bulan Ramadhan, baik tentang ritual khusus yang dilakukan masyarakat, ataupun tentang hukum-hukum berpuasa berdasarkan pada ajaran Qur'an dan Hadits. Karena alasan tersebut, media online berusaha membuat rubrik yang menarik dan sesuai dengan kesukaan pembaca di bulan Ramadhan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dari Asep Syamsul M. Romli tentang strategi media online dalam menarik minat pembaca, McQuail tentang pemasaran media serta khalayak berpotensi menjadi konsumen terhadap pesan atau iklan perusahaan. Sebelum merancang rubrik khusus yang menarik lebih banyak pembaca, Sorot terlebih dahulu melakukan pengamatan tentang segmentasi pembaca. Dalam menyajikan berita sangat perlu mengetahui pembaca yang dituju meliputi umur, selera, kebiasaan, serta bahasa yang dipergunakan antara lain : (1) Segmenting, yaitu proses mengelompokan pembaca dalam bagian-bagian kategori seperti demografis, usia, kelas-kelas sosial, dan jenis pekerjaan, yang darinya dapat terbentuk homogenitas, (2) Targeting, yaitu proses menyeleksi, memilih, dan menjangkau potensi pembaca melalui program rubrik yang tepat, (3) Positioning, yaitu strategi memasuki jendela otak pembaca dan strategi komunikasi pembentukan cita produk di benak pikiran pembaca Sorot gunungkidul.com. Sorotgunungkidul juga menginfokan misalnya kegiatan buka puasa bersama, siraman rohani, info buka puasa dan imsak, info mudik dan info-info lain di bulan Ramadhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mokh. Sahlan, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Media Online, Rubrik Ramadahan
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 20 Feb 2019 14:05
Last Modified: 20 Feb 2019 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33345

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum